Padang Targetkan Kunjungan Wisatawan Capai 5,6 Juta Orang di 2021
Cari Berita

Advertisement

Padang Targetkan Kunjungan Wisatawan Capai 5,6 Juta Orang di 2021

Selasa, 02 Maret 2021



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Pemerintah KKota Padang menargetkan kunjungan 5,6 juta wisatawan selama tahun 2021. Angka tersebut setara dengan jumlah kedatangan wisatawan ke Sumatera Barat pada 2019 lalu.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Sumatera Barat, Arfian, mengatakan hal itu dilakukan lantaran pelaksanaan vaksinasi massal yang akan dilakukan dalam waktu dekat akan memberikan angin segar pada kebangkitan pariwisata Indonesia, termasuk di Padang. 


Jadi, vaksinasi dinilai dapat mengembalikan jumlah kunjungan wisatawan seperti sebelum kemunculan pandemi COVID-19.


"Pada 2019 jumlah kunjungan wisatawan ke Padang mencapai 5,6 juta wisatawan, kami menargetkan untuk tahun ini minimal sama (dengan 2019), apalagi saat ini sudah ada vaksin," kata Arfian, seperti dikutip dari Antara, Selasa (2/3/2021).


"Kita sudah melakukan pembenahan di Pantai Air Manis, Pantai Padang, Pasir Jambak, dan lainnya," imbuhnya.


Saat ini, destinasi wisata yang berada di perbukitan juga menjadi destinasi baru yang tengah dikembangkan oleh Pemkot Padang. Sebab, objek wisata ini terbilang menarik dan berpotensi besar mendatangkan wisatawan.


"Kita mendorong masyarakat untuk mengembangkan destinasi wisata di daerahnya, seperti Bukit Karan, Bukit Matoa, dan lainnya," lanjutnya.


Selain itu, salah satu strategi yang dilakukan adalah mengupayakan agar Padang menjadi tuan rumah pembukaan Tour de Singkarak (TdS) 2021 yang merupakan event balap sepeda rutin yang diikuti pebalap nasional hingga mancanegara.


Arfian mengatakan, Tds merupakan agenda olahraga yang mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah peserta. Terbukti, setiap pelaksanaan TdS, angka kunjungan wisatawan meningkat pesat. 


Ia juga menilai, Tds masih menjadi agenda wisata unggulan di Kota Padang dan pihaknya pun bertekad menyukseskan agenda tersebut di 2021.


Sementara itu, TdS 2021 akan digelar 4-10 September 2021. Ajang balap sepeda yang melintasi berbagai daerah di Sumatera Barat itu telah didaftarkan dan masuk ke jadwal resmi Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI).


Pelaksanaan Tds 2021 mendatang terbilang berbeda di banding tahun sebelumnya, karena akan dibuka 2 etape untuk umum dengan format community race, cycling for all. Tak hanya itu, sesuai dengan imbauan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, event ini juga mengedepankan CHSE dan protokol kesehatan yang ketat. (antara)


Editor: Anto Chaniago