Komisi Fatwa MUI Minta Perpres Investasi Miras Dicabut
Cari Berita

Advertisement

Komisi Fatwa MUI Minta Perpres Investasi Miras Dicabut

Selasa, 02 Maret 2021

 

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Asrorun Niam Sholeh, meminta peraturan presiden (perpres) tentang perizinan investasi minuman keras (miras) dicabut.


"Komitmen MUI jelas. Cabut aturan yang melegalkan miras untuk ketertiban umum dan kesejahteraan masyarakat," ujar Niam, Selasa (2/3/2021).


Ia merujuk pada Fatwa MUI Nomor 11 Tahun 2009 tentang Alkohol. Salah satu alineanya merekomendasikan pemerintah agar melarang peredaran minuman beralkohol di tengah masyarakat.


"Dengan tidak memberikan izin pendirian pabrik yang memproduksi minuman tersebut, dan tidak memberikan izin untuk memperdagangkannya, serta menindak secara tegas pihak yang melanggar aturan tersebut," bunyi rekomendasi itu sebagaimana dikutip Niam.


Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan industri minuman keras sebagai daftar positif investasi (DPI). Sebelumnya, industri minuman beralkohol merupakan bidang industri tertutup.


Kebijakan itu tertuang dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Beleid yang merupakan aturan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ini telah diteken Presiden Joko Widodo dan mulai berlaku per 2 Februari 2021.


Aturan tersebut merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Dalam Lampiran III Perpres Nomor 10 Tahun 2021 pada angka 31, 32, dan 33 ditetapkan bahwa bidang usaha industri minuman keras mengandung alkohol, alkohol anggur, dan malt terbuka untuk penanaman modal baru di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua dengan memperhatikan budaya serta kearifan setempat. (republika) 



Editor: Anto Chaniago