Wali Kota Firdaus Dorong Pertanian Berbasis Teknologi
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Wali Kota Firdaus Dorong Pertanian Berbasis Teknologi

Sabtu, 20 Februari 2021

Wali Kota Pekanbaru Firdaus berpidato saat menghadiri panen bersama di Palas, Rumbai.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Wali Kota Pekanbaru Firdaus mendorong pertanian berbasis teknologi untuk menciptakan iklim pertanian yang lebih efisien. Hal ini dia sampaikan dalam pidatonya saat menghadiri panen cabai bersama di Palas, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Sabtu (20/2/2021). 


"Demi mewujudkan Pekanbaru Smart City, kita dapat menggunakan teknologi IT di berbagai bidang, termasuk pertanian. Harus kita tingkatkan pertanian kita," tutur Firdaus. 


Firdaus menyoroti soal lahan pertanian milik Kelompok Tani Palas Mandiri yang belum menerapkan teknologi penyiraman menggunakan android. Menurut Firdaus, penggunaan teknologi dalam pertanian akan menuai hasil yang lebih berkualitas dan efisien.


"Kita kan sudah bekerja sama dengan Unilak. Kita sudah bisa melakukan pemupukan dan penyiraman secara digital menggunakan android," ujar dia.


Dia mengatakan teknologi yang sudah ada tersebut harus terus digunakan dalam pertanian. Tak hanya dalam produksi, untuk pemasaran juga perlau dilakukan secara daring, langsung dari produsen ke konsumen. 


Ia berkeyakinan, dengan memotong jalur mata rantai perdagangan, laba yang didapat petani akan lebih optimal. 


"Dengan memutus jalur perdagangan, akan berdampak positif pada kegiatan ekonomi dengan biaya rendah. Jadi lebih efisien," tutupnya. (pr5)



Editor: Anto Chaniago