TIM IZI Riau Salurkan Bantuan kepada Keluarga Bayi Pengidap Bocor Jantung
Cari Berita

Advertisement

TIM IZI Riau Salurkan Bantuan kepada Keluarga Bayi Pengidap Bocor Jantung

Jumat, 26 Februari 2021

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tim Pendayagunaan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau menyambangi keluarga Bapak Iwan, ayah dari seorang bayi bernama Adnan yang mengidap penyakit bocor jantung pada Kamis (25/02/2021) di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. 


Adnan Manaf, nama lengkap bayi laki-laki berusia 14 bulan ini mengidap penyakit bocor jantung sejak usianya mulai menginjak 2 bulan. Adnan selalu mengalami kesulitan saat bernafas, sehingga harus tetap berada di dekapan ibunya. 


“Adnan tidak bisa jauh dari saya, dia belum bisa duduk dan berjalan, jadi harus selalu saya gendong, dia sering menangis kalau jauh dari saya atau ayahnya, dan kalau nangis pasti nafasnya jadi sesak,” papar sang ibu.


“Waktu adnan usianya 2 bulan sudah terlihat perbedaan psikisnya, jadi tetangga saya menyarankan untuk dibawa ke rumah sakit. Akhirnya saya bawa ke RS Eka Hospital Kota Pekanbaru dengan biaya dari BPJS, ternyata harus dirujuk ke RSCM di Jakarta, pengobatan anak saya berlangsung kurang lebih 4 bulan,” ungkap Iwan, ayah Adnan. 


Adnan sempat mengalami koma saat dilakukannya CT Scan. Tim dokter di RSCM Jakarta menyarankan bayi Adnan tidak melakukan tindakan operasi karena kondisi pasien. 


“Jadi sekarang Adnan hanya bergantung pada obat-obatan yang saya beli di apotek, dan setiap bulan harus kontrol di RS Eka Hospital,” ujar sang ayah yang merupakan penjual sate keliling tersebut. 


Sejak didiagnosa menderita penyakit bocor jantung, bayi Adnan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ASI sang ibu karena harus memenuhi kebutuhan asupan kalori yang tinggi. Sehingga, dokter menyarankan untuk mengonsumsi susu khusus untuk bayi kekurangan gizi dengan harga Rp177.000, yang habis dikonsumsi dalam waktu 2 hari dan harus dibeli kembali.


Tim IZI Riau menyalurkan bantuan sejumlah uang tunai kepada keluarga bayi Adnan untuk membantu proses penyembuhan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari bayi Adnan.


“Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada donatur yang sudah memberikan bantuan ini kepada saya melalui IZI Riau, saya akan menggunakan ini sebaik-baiknya untuk biaya berobat anak saya. Sekali lagi terima kasih banyak,” kata Iwan. (pr5) 



Editor: Anto Chaniago