Sudirman Said Kenang Prof Firmanzah: Indonesia Kehilangan Ilmuwan Berintegritas
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Sudirman Said Kenang Prof Firmanzah: Indonesia Kehilangan Ilmuwan Berintegritas

Sabtu, 06 Februari 2021

 

Rektor Universitas Paramadina Firmanzah


JAKARATA, PARASRIAU.COM - Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia pada Sabtu subuh (6/2/2021). Pria yang pernah menjadi Dekan termuda Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tersebut dikenang sebagai sosok yang bersahaja.


Sudirman Said mengaku sangat kehilangan. Menurut dia, Prof Fiz, sapaan Firmanzah, merupakan ilmuwan muda yang produktif dan aktivis yang selalu peduli pada situasi kebangsaan.


"Prof Fiz juga seorang manajer yang tekun. Selama memimpin kampus Paramadina terus memperbaiki sistem manajemen, meningkatkan jumlah mahasiswa yang masuk (student body), dan meningkatkan kinerja keuangan kampus," kata Sudirman Said seperti dikutip dari kumparan.


Menurut Mantan Menteri ESDM tersebut, Firmanzah juga merupakan pemimpin yang dicintai para pengurus, dosen, dan mahasiswa.


"Indonesia kehilangan satu di antara sedikit pemikir dan aktivis yang konsisten menjaga integritas. Prof Firmanzah figur yang teruji, menjadi bagian dari kekuasaan sangat dekat dengan Presiden SBY, tetapi tidak tergoda untuk menggunakan kedekatan atau kekuasaan untuk manfaat pribadi. Pak SBY sangat menaruh respect pada Prof Fiz," kata Sudirman Said.


Sudirman Said yang merupakan Plt Rektor Paramadina menggantikan almarhum Prof Nurcholish Madjid, mengatakan Firmanzah juga merupakan teman seperjuangan dalam usaha pemberantasan korupsi.


"Semoga husnul khatimah, membawa kebaikan dan amal solehnya menghadap sang khalik," katanya.


Firmanzah meninggal dunia pada usia 44 tahun. Almarhum merupakan salah satu tokoh ekonomi Indonesia. Lulusan Universitas Indonesia dan University of Lille, ini merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat usianya 32 tahun. 

Fiz menjadi dekan termuda di fakultas tersebut untuk periode 2009-2013. Pada 15 Januari 2015, Fiz terpilih menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang saat itu terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 


Sebelumnya ia juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012-2014. (kumparan)



Editor: Anto Chaniago