Peringatan HPN 2021 di Pulau Rupat, Gubri Minta Wartawan Promosikan Potensi Pariwisata
Cari Berita

Advertisement


Peringatan HPN 2021 di Pulau Rupat, Gubri Minta Wartawan Promosikan Potensi Pariwisata

Kamis, 04 Februari 2021

 

Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar (kiri) menerima audiensi Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang di Kediaman Gubri, Kamis (4/2/) guna membahas rencana kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT ke-75 PWI. int


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau akan menggelar kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan HUT ke-75 PWI di Pulau Rupat utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. 


Bersempena hal ini, pengurus PWI Riau melakukan audiensi dengan Gubernur Riau H Syamsuar. Pertemuan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid - 19 yang digelar di kediaman Gubernur Riau, Kamis (04/2/2021). Audiensi ini dihadiri langsung oleh Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang serta didampingi empat orang pengurus PWI Riau. 


Menanggapi hal ini Gubernur Riau memberikan apresiasi yang positif. Ia menyebutkan, Pulau Rupat utara telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Kepariwisataan Nasional (KSPN). Dituturkannya, bahkan sejak dioperasionalkan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, jumlah pergerakan wisatawan ke Pulau Rupat mengalami peningkatan. 


Gubernur Riau menyampaikan, dengan dilaksanakan kegiatan peringatan HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI di Rupat utara, diharapkan bisa sekaligus membantu mempromosikan potensi-postensi pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan tersebut.


"Alhamdulillah, saya sangat bangga dipilihnya Pulau Rupat utara sebagai lokasi peringatan HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI. Kita ketahui bahwa Pulau Rupat utara telah masuk dalam KSPN oleh pemerintah pusat. Namun, kondisi infrastruktur disana saat ini masih ada sebagian yang belum memadai. Untuk itu kami terus melakukan upaya-upaya melobi pemerintah pusat untuk memberikan dukungan infrastruktur," kata Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Riau, Chairul Riski serta Kepala Bidang Komunikasi Informasi Komunikasi Publik, Raja Hendra Saputra. 


Diungkapkan Syamsuar, Rupat utara memiliki pantai yang tak kalah dengan pantai yang ada di Bali. Berbatasan langsung dengan negara jiran Malaysia. Apabila hal ini dikelola maksimal tentunya bisa dikenal dan dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman) dari Malaysia. 


"Malaysia memiliki pasar wisatawan yang jelas. Salah satu tempat wisata paling favorit dikunjungi wisatawan adalah Kota Melaka dan sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Melaka. Hal ini seharusnya menjadi potensi pasar yang baik untuk Rupat utara agar turis yang datang di Melaka bisa singgah ke Riau," kata Syamsuar. 


Sementara itu, Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang menjelaskan, pelaksanaan peringatan HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI di Pulau Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau akan digelar pada 7-9 Februari 2021. 


"Jadi kedatangan kami di kediaman Gubernur Riau bermaksud melakukan koordinasi sekaligus mengundang Gubernur Riau untuk hadir secara virtual pada acara puncak HPN 2021 pada tanggal 9 Februari 2021 nanti. Alhamdulillah kegiatan ini direspon positif,"  ujar Zulmansyah. 


Lebih lanjut Zulmansyah menuturkan, bahwa kegiatan tersebut akan diikuti peserta secara nasional melalui virtual, sekaligus menggelar doa bersama 'Bangkit dari Covid-19'. "Jadwalnya akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo dan seluruh kepala daerah melalui virtual," tuturnya. 


Kemudian ia menyampaikan, dalam pelaksanaan peringatan HPN 2021 dan HUT ke 75 PWI di Rupat utara, pihaknya akan berupaya melakukan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. "Untuk mencegah penyebaran corona peserta yang hadir di Rupat utara akan dibatasi hanya 50 orang. Dan sebelum berangkat ke Rupat utara akan dilakukan tes rapid antigen," ujarnya. 


Adapun jadwal kegiatan HPN 2021 di Pulau Rupat utara diantaranya, bersih-bersih pantai di Beting Aceh, Sosialisasi Go Green di Pantai Pesona, Bakti sosial berbagi buku bacaan di sekolah-sekolah, kegiatan ramah tamah, pagelaran zapin api dan pelatihan untuk kelompok sadar wisata dengan materi bagaimana masyarakat mempromosikan pariwisata Pulau Rupat. (mcr/pr2)


Editor : M Ikhwan