Rusli Ahmad Soal Pernikahan Dini: Banyak Mudaratnya!
Cari Berita

Advertisement


Rusli Ahmad Soal Pernikahan Dini: Banyak Mudaratnya!

Jumat, 12 Februari 2021

Ketua Umum DPP Santri Tani NU, Rusli Ahmad 



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdlatul Ulama (NU), Rusli Ahmad angkat bicara mengenai pernikahan usia dini yang dipromosikan oleh Aisha Weddings yang tengah ramai diperbincangkan publik. 


Rusli Ahmad mengatakan pernikahan anak yang masih belia akan mendatangkan banyak mudarat, terutama rentan akan terjadinya KDRT. Kasus ini banyak menimpa pihak perempuan. 


"Sudah ada landasan hukumnya, tentu saja itu dibuat dengan mempertimbangkan mudaratnya. Pernikahan dini yang terjadi itu, mental anak-anak kita ini belum siap," kata Rusli saat dihubungi, Jumat (12/2/2021).


Faktor ekonomi, kata Rusli, juga merupakan penyebab tingginya angka pernikahan anak usia dini di Indonesia. Di samping itu minimnya kesadaran akan pentingnya pendidikan juga menjadi faktor pendukung. 


Rusli yang juga menjabat sebagai Ketua PWNU Riau mengimbau para ustaz, mubaligh, dan juga pemuka agama lain agar memberikan edukasi dalam bentuk ceramah keagamaan tentang pernikahan dini ini. 


Selain itu, Rusli mengatakan, sosialisasi terkait dampak negatif pernikahan dini juga penting dilakukan di lembaga pendidikan. Guru sebagai orang yang intens berinteraksi dengan anak-anak sangat berperan memberikan pemahaman dampak buruk dari pernikahan dini kepada siswanya.


"Dalam sektor sekolah formal, edukasi dapat dimulai dari tingkat sekolah menengah pertama sederajat," kata Rusli. (pr5)



Editor: Anto Chaniago