Kolaborasi Multipihak Lahirkan PetaniRiau.id untuk Tingkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Riau
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Kolaborasi Multipihak Lahirkan PetaniRiau.id untuk Tingkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Riau

Sabtu, 20 Februari 2021

Peluncuran secara simbolik portal Petaniriau.id


PEKANBARU, PARASIRAU.COM - Kolaborasi antara Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Riau, Pemko, Pemda, Universitas Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Trisakti, berserta PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) menelurkan ide segar dalam meningkatkan pemasaran hasil produksi di sektor pertanian. 


Sejatinya program ini merupakan pengejawantahan dari Corporate Social Responsibilities (CSR) PT CPI. Hal ini disebutkan General Manager of Affair PT CPI, Sukamto Thamrin. 


"Virus Corona ini mengubah banyak aspek kehidupan, salah satunya ketahanan pangan. Kami lalu mendiskusikannya dengan Asisten II Pemko Pekanbaru, Ibu Elsabrina. Kemudian kami berpikir, mengapa program ini tidak dilaksanakan di seluruh wilayah CSR Chevron, maka jadilah program ini," jelasnya. 


Ide ini yang kemudian menetas menjadi marketplace daring bagi 20 kelompok tani di 6 kabupaten-kota yang ada di Riau. Website yang bernama PetaniRiau.id ini dapat menjadi wadah pertemuan antara petani dengan pembeli secara langsung. 


20 kelompok tani tersebut terbagi menjadi 8 kelompok tani di Kota Pekanbaru, 2 di Kabupaten Bengkalis, 3 di Kota Dumai, 3 di Kabupaten Rokan Hilir, 2 di Kampar dan Siak.


Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura, Syahpahlevi dalam pidatonya di acara launching PetaniRiau.id, Sabtu (20/2/2021) mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat. Ia berharap agar kerja sama ini tidak bersifat sementara. 


"Kita menginginkan lewat program ini banyak masyarakat yang tersentuh program ini. Sehingga pola pemasaran semacam ini meningkatkan pendapatan para petani," ujar dia. (pr5)


Editor: Anto Chaniago