Kapolres Inhu Apresiasi PT SSR yang Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun
Cari Berita

Advertisement

Kapolres Inhu Apresiasi PT SSR yang Turunkan Tim Padamkan Karhutla di Rawa Bangun

Minggu, 28 Februari 2021


INHU, PARASRIAU.COM - Perlu ditiru oleh perusahaan perkebunan lain, kendati jauh dari areal perkebunannya, tapi PT Swakarsa Sawit Raya (SSR) berpartisipasi dan ikut memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di perbatasan Desa Sungai Raya dan Desa Rawa Bangun Kecamatan Rengat.


"Hari ini kita mengerahkan sebanyak 10 orang petugas pemadam kebakaran lahan di Desa Rawa Bangun Kecamatan Rengat," kata Direktur PT SSR Hendry Endy didampingi Humas PT SSR Anggrian L Gaol disela-sela pemadaman titik api Desa Rawa Bangun, Minggu (28/2).


Dijelaskan Hendry, memang lokasi kebakaran lahan Desa Rawa Bangun jauh dari areal perkebunan milik PT SSR, namun terlepas jauh atau dekatnya lokasi kebakaran itu, PT SSR merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam memadamkan titik api pada kebakaran lahan di Desa Rawa Bangun.


"Kepedulian terhadap lingkungan adalah tanggung jawab kita semua, secara logika, bukan hanya warga Desa Rawa Bangun saja yang merasakan imbas kebakaran lahan tersebut, tapi seluruh masyarakat Inhu dan makhluk hidup akan terdampak kabut asap akibat kebakaran," ungkap Hendry yang dikenal ramah ini.


Sementara itu, Kapolres Inhu AKBP Efrizal S.I.K didampingi PS Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran, Minggu siang menjelaskan, bahwa telah terjadi kebakaran lahan milik masyarakat diperbatasan Desa Sungai Raya dengan Desa Rawa Bangun seluas lebih kurang 3 hektar.


Kapolres Inhu mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT SSR yang telah ikut membantu menurunkan tim dalam memadamkan kebakaran lahan di Desa Rawa Bangun, hal seperti inilah seharusnya di contoh dan di teladani oleh perusahaan perkebunan lainnya di Inhu, selain menjaga areal sendiri dari kebakaran, juga berpartisipasi jika ada Karhutla meski jauh dari areal perusahaan.


Untuk pemadaman titik api di Desa Rawa Bangun, saat ini sedang berjibaku 112 orang pemadam yang terdiri dari 44 personel Polres Inhu dipimpin Kabag Sumda Polres Inhu Kompol Amril S.Sos, SH, MH, personel Kodim 0302 Inhu, BPBD Inhu, Manggala Agni, Satpol PP Inhu, Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sungai Raya dan Desa Rawa Bangun, pemadam dari PT SSR serta anggota komunitas offroad BJC Inhu yang diikuti langsung oleh Ketua BJC Inhu Ipda Baharudin DM dan Ketua Pengcab Indonesia Offroad Federation (IOF) Kabupaten Inhu Ipda Andraleksi.


"Alhamdulillah titik api yang telah membakar sedikitnya 3 hektar lahan milik masyarakat telah padam, petugas sedikit kewalahan memadamkan api, sebab kondisi lahan berupa semak belukar dan gambut, sekarang ini dalam proses pendinginan," ucap Kapolres.


Mengenai kondisi terakhir kebakaran lahan di Desa Tanjung Sari, Kapolres menjelaskan, hingga saat ini puluhan personel Polres Inhu dan Polsek Kuala Cenaku sedang melakukan pendinginan, semua titik api telah padam (pr6)


Editor : M Ikhwan