HPN 2021, Presiden Jokowi Alokasikan 5.000 Vaksin Bagi Wartawan pada Februari-Maret 2021
Cari Berita

Advertisement


HPN 2021, Presiden Jokowi Alokasikan 5.000 Vaksin Bagi Wartawan pada Februari-Maret 2021

Selasa, 09 Februari 2021


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Presiden Joko Widodo mengakui bahwa insan pers adalah kelompok garda terdepan dalam penanganan Covid-19 atau penyebaran Virus Corona.


“Saya tahu di era pandemni ini rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk menyampaikan informasi terkait covid,” ujar Presiden Jokowi saat sambutan pad peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang berlangsung dari Istana Merdeka, Selasa (9/2/2021) dan diikuti komponen pers dan seluruh provinsi di Indonesia secara virtual dari Ancol, Jakarta Utara.


Presiden Jokow mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah mengedukasi masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dan mendapat informasi yang cepat.


“Saya menyadari insan pers menghadapi masa sulit era pandemi Covid-19. Kita semua tahu covid membebani semua negara, termasuk negara Indonesia,” kata Presiden Jokowi.


PPh 21 untuk insan pers akan ditanggung pemerintah dan berjalan sampai Juni 2021. Tolong ini diikuti dan dikawal dengan Menteri Keuangan


Pembebasan bea impor, percepatan restitusi, dan pajak badan. Insentif ini juga berlaku sampai Juni 2021.


Keringanan kepada industri lain dan juga keringanan listrik juga diberikan kepada industri media, kata Jokowi.


“Saya yakin banyak insan media yang ingin divaksin. Pada akhir Februari sampai awal Maret 2021 untuk awak media sudah disiapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin.


Dari biofarma keluar 12 juta, kita berikan 5.000 untuk awak media.


“Sekarang kita fokus vaksinasi kepada tenaga kekesehatan dan pelayan masyarakat lainnya,” ujar Jokowi.


Prestasi Jakarta


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswewdan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan insan pers yang telah memilih Jakarta sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2021.


Dia berharap momentum HPN 2021 untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antara pers dan pemerintah.


Insan pers terus bertugas meski harus tinggalkan interaksi bersama keluarga untuk memastikan kita semua, masyarkat, mendapatkan pemberitaan yang aktual, uptodate, dan terpercaya,.


“Kami menyambut baik karena kami merasakan manfaat dari pemberitaan itu tentang pola hidup sehat dan program 3 M untuk mencegah penularan Virus Corona,” kata Anies, Selasa (9/2/2021).


Anies Baswedan menyampaikan beberapa prestasi yang telah dicapai Jakarta pada era kepemimpinannya, khususnya pada saat pandemi Virus Corona tahun 2020 ini.


Dia menyampaikan itu dalam sambutan pada puncak Hari Pers Nasiona (HPN) 2021 di Istana Merdeka, di depan Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan Pers M Nuh, Ketua Umum PWI Atal S Depari dan sejumlah pejabat tinggi negara serta undangan lainnya.


Jakarta tahun 2020 telah keluar dari daftar kota termacet di dunia. Selama ini masuk dalam daftar 10 besar kota termacet.


“Tahun 2018 Jakarta masuk nomor 7 kita termacet, 2019 nomor 10, dan 2020 kita rangking 31 terkait kemacetan,” ujar Anies.


Anies mengucapkan selamat HPN kepada semua insan pers, salam hormat dan salam hangat kepada semua yang telah berjuang melalui media massa.


“Kita akan terus bergandeng tangan untuk bangkit dari pandemi Virus Corona ini,” kata Anies. (hs/pr2)


Editor : M Ikhwan