Kemenkes Ungkap Penyebab Tingginya Angka Kematian Pasien Corona
Cari Berita

Advertisement


Kemenkes Ungkap Penyebab Tingginya Angka Kematian Pasien Corona

Kamis, 28 Januari 2021



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Kementerian Kesehatan menyebut salah satu penyebab tingginya angka kematian Covid-19 di Indonesia karena pasien terpapar virus corona terlambat mendapat perawatan di fasilitas kesehatan.


Secara kumulatif jumlah kematian Covid-19 di Indonesia telah mencapai 28.855 orang. 


"Penyebabnya karena pasien datang dengan gejala yang sudah berat, jadi bukan gejala awal. Karena deteksi yang telat serta gejala semakin berat, pasien baru ke fasilitas pelayanan kesehatan," kata Direktur Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi seperti dikutip dari CNN Indonesia.com, Kamis (28/1/2021).



Selain kondisi pasien yang semakin berat, Nadia menyebut beberapa penyakit penyerta alias komorbid yang dimiliki pasien Covid-19 menjadi salah satu faktor yang semakin memperburuk kondisi pasien, yang kemudian tidak sedikit berujung kematian.


"Komorbid yang rata-rata tidak terkontrol sebelumnya," imbuhnya.


Adapun untuk merespons jumlah kematian yang tinggi itu, Nadia mengaku Kemenkes terus berkomitmen untuk melakukan upaya surveillance guna mengidentifikasi kasus lebih awal.


Kemudian melakukan penelusuran kontak, dan segera mengisolasi penyintas Covid-19 berdasarkan kondisi atau gejala yang mereka alami.


"Jadi diperkuat testing, tracing, dan isolasi," ujarnya.


Kasus kematian Covid-19 kembali pecah rekor sehari setelah angka positif corona menembus satu juta kasus. Capaian rekor penambahan kasus kematian sebelumnya yakni sebanyak 346 kasus pada 21 Januari. (cnn)


Reporter: Anto Chaniago