Kapolri Listyo Sigit Beberkan Wejangan dari PP Muhammadiyah
Cari Berita

Advertisement

Kapolri Listyo Sigit Beberkan Wejangan dari PP Muhammadiyah

Sabtu, 30 Januari 2021

Kapolri Listyo Sigit


JAKARTA, PARASRIAU.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk memperkuat tali silaturrahmi dengan para tokoh agama. 


Listyo menegaskan, kunjungan ini dinilai sangat penting. Karena Muhammadiyah merupakan salah satu ormas muslim terbesar dan sudah berdiri sejak sebelum kemerdekaan, yakni pada tahun 1912.


"Tentunya adalah kewajiban kami dari Kepolisian untuk sowan dan tentunya kami menyampaikan maksud kami selain bersilaturahmi, kami tentunya ingin bersinergi dengan PP Muhammadiyah," kata Listyo di Jakarta, Jumat (29/1/2021). 


"Banyak hal, banyak kegiatan dan banyak program yang harus kami laksanakan ke depan, yang tentunya kami akan lebih kuat kalau kami dibantu oleh PP Muhammadiyah," tambahnya.


Listyo melanjutkan, bahwa salah satu wejangan yang disampaikan oleh pihak PP Muhammadiyah adalah bagaimana menghadapi tantangan ke depan, terutama dalam menghadapi paham-paham radikal. Sehingga, penggunaan moderasi agama akan jauh lebih bermanfaat, daripada melakukan pendekatan-pendekatan keras.


"Tentunya ini juga menjadi salah satu program dalam rangka mencegah radikalisme. Terkait dengan kegiatan-kegiatan lain dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19. 


"Kami juga ingin bekerja sama dengan PP Muhammadiyah, terutama memberikan edukasi terkait penegakan protokol kesehatan, karena kita tahu bahwa angka terdampak COVID-19 masih tinggi sekali, masih di angka 13.000, bahkan tembus satu juta kasus dan ini masih menjadi PR kami," lanjutnya.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolri juga menerima beberapa masukan dari PP Muhammadiyah. Salah satunya adalah bagaimana Polri bisa menjadi Polri yang lebih adil. 


"Ada beberapa masukan yang kami terima, yakni ke depan bisa menjadi Polri yang adil, Polri yang jujur, Polri yang siap untuk dikritik, dan Polri yang transparan. Itu menjadi target kita untuk bisa memperbaiki dan kemudian mewujudkan hal-hal yang memang diharapkan masyarakat," jelas Jenderal Listyo. 


Listyo mengutarakan, senergi ini diharapkan dapat menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan modal pertumbuhan ekonomi bisa dijaga dengan baik. (viva) 


Editor: Anto Chaniago