Ini Cara Terbaru Cek NISN Siswa Secara Online
Cari Berita

Advertisement

Ini Cara Terbaru Cek NISN Siswa Secara Online

Rabu, 06 Januari 2021

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini berlaku mulai jenjang dasar hingga tinggi. int


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah serangkaian nomor kode pengenal identitas siswa Indonesia yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa.


Para siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah, hingga tinggi wajib mengetahui cara cek NISN online. Hal ini guna mempermudah proses pendaftaran pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).


Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar di Kemendikbud.


Ada 7 tahapan singkat untuk pengguna mengecek nomor NISN siswa secara mandiri melalui situs server data Kemendikbud.


Yang perlu diperhatikan, isi kolom isian dengan data yang valid dan sesuai dengan profil diri pengguna. Setelah yakin, ikuti cara cek NISN siswa secara online berikut ini:


Buka browser dan akses situs di alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/

Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, kemudian lengkapi data dalam kolom isian yang tersedia di sebelah kiri.


Isi kolom NISN dengan 10 digit yang dimiliki. Isi nama lengkap ibu kandung pengguna. Ketik kode captcha yang sesuai. Untuk submit, maka klik tombol 'Cari data'. Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan data dan NISN siswa.


Selain itu, pengguna juga diberikan opsi lain untuk mencari NISN berdasarkan nama. Hal ini berguna untuk memastikan keabsahan data manakala pengguna lupa nomor NISN miliknya yang terdaftar.


Tak jarang situs Kemendikbud ini lemot karena overload atau membeludaknya pengguna yang masuk di saat bersamaan. Biasanya hal ini terjadi ketika menjelang pendaftaran SNMPTN.


Untuk memberikan kelancaran akses, pengguna perlu mengikuti beberapa anjuran berikut ini:


Pastikan pengguna tersambung dengan jaringan internet dengan kecepatan internet yang stabil.

Refresh halaman dengan menekan tombol F5 pada keyboard.

Melalui Google cached, dengan cara ketik alamat situs di kolom pencarian Google, lalu pilih anak panah ke bawah dan klik 'cached'.

Coba lakukan clear cache browser. Atau bisa ganti menggunakan browser lain.


Sekali lagi, isikan seluruh isian data dengan valid, sebab hal itu akan mempermudah akses pengguna, sekaligus mempercepat proses pencarian NISN.


Buka browser dan akses situs di alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama

Pengguna akan dibawa ke homepage pencarian NISN, silakan isi kolom isian yang tersedia

Isi nama lengkap siswa dengan benar

Isi tempat lahir siswa dengan benar

Isi tanggal lahir siswa dengan benar

Isi nama lengkap ibu kandung pengguna

Ketik kode captcha yang sesuai

Untuk submit, maka klik tombol 'Cari data'

Jika data yang diisikan telah valid, maka tampilan situs akan beralih menampilkan NISN siswa


Tujuan dan Manfaat NISN


NISN yang digunakan adalah NISN yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi oleh siswa di sekolahnya.


Oleh sebab itu, para siswa juga perlu mengetahui beberapa tujuan dan manfaat NISN secara online, meliputi:


Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia. Dengan NISN ini bisa dengan mudah memantau perkembangan riwayat pendidikan siswa. Termasuk perubahan data, seperti mutasi, tahun kelulusan, hingga data siswa putus sekolah.


Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini.


Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


Setelah mengetahui cara cek NISN online, maka siswa tak perlu repot-repot datang dan menemui petugas sekolah untuk meminta 10 digit nomor unik ini.


Namun, ada baiknya Anda selalu menyalin atau memotret nomor NISN yang dimiliki guna kebutuhan di masa mendatang apabila situs mengalami error atau tidak dapat diakses sementara waktu. (cnni/pr2)