Pemenang Lomba Video Bawaslu dan PWI Meranti Bawa Pulang Belasan Juta Rupiah
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Pemenang Lomba Video Bawaslu dan PWI Meranti Bawa Pulang Belasan Juta Rupiah

Jumat, 25 Desember 2020

Seluruh pemenang lomba berfoto bersama dengan Jajaran Bawaslu dan perwakilan PWI Kepulauan Meranti.

MERANTI, PARASRIAU.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Meranti bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat, umumkan pemenang Lomba Video Pilkada Serentak 2020, Kamis (24/12/20) sore. 


Pengumuman ini dilaksanakan di Sekretariat PWI Kepulauan Meranti, Jl. Durian, Kelurahan Selatpanjang Timur,  Kecamatan Tebingtinggi yang dibuka oleh Ketua PWI Syamsidir Salim S.Pd dan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal S.Ip.


Di samping mereka, juga hadir Kordinator Divisi SDM Organisasi dan Data Mohammad Zaki S.Pd, Divisi (Kordiv) Pengawasan Humas Hubungan Lembaga Bawaslu Kepulauan Meranti Romi Indra SE. Serta beberapa orang jajarannya. 


Ketua Bawaslu Syamsurizal dalam sambutannya mengatakan jika lomba yang dilaksanakan ini datang dari ide-ide mereka, bersama dengan PWI. Tujuannya untuk mewujudkan dan meningkatkan partisipatif masyarakat agar ikut bersama-sama melakukan pengawasan seluruh tahapan pilkada yang saat ini masih berlangsung.


"Pasalnya menuju pilkada yang bermartabat harus didukung oleh semua pihak. Dengan demikian, Bawaslu yang diamanatkan oleh undang-undang selalu berupaya untuk mengajak masyarakat agar aktif terlibat. Karena kami tidak bisa bekerja sendiri. Salah satunya dengan cara mengadakan lomba seperti ini," ujarnya.


Terhadap suksesnya acara itu, Syamsurizal juga mengaku senang bisa ambil bagian dalam lomba perdana yang mereka adakan tersebut. Ia menilai dengan tingginya partisipasi peserta lomba secara umum, tentu punya nilai tambah tersendiri bagi mereka. 


"Iya ada kebanggaan tersendiri. Pasalnya, selain masyarakat, seluruh video yang diikutsertakan oleh peserta lomba, juga dipantau oleh Bawaslu Riau, hingga Bawaslu RI. Untuk itu kami juga ingin mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh peserta dan PWI Kepulauan Meranti atas kerjasamanya sejauh ini," ungkapnya. 


Senada juga disampaikan oleh Ketua PWI Kepulauan Meranti Syamsidir Salim ketika itu. Ia memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Bawaslu telah memberikan kepercayaan kepada PWI Meranti sebagai pelaksana lomba terkait. Hendaknya, kerjasama tersebut dapat berlanjut. 


"Selain meningkatkan partisipasi pengawasan pilkada, tentu tujuan lomba tidak lain adalah meningkatkan kreatifitas Generasi Muda Meranti dalam mengolah pesan dan makna menjadi sebuah karya audio-visual yang dapat dinikmati publik. Tentunya bersifat informatif dari setiap tema yang kita angkat," ujarnya. 


Kepada perta yang dinyatakan menang atau mendapat penghargaan jangan merasa cepat puas. Sementara kepada peserta yang belum berhasil jangan merasa kecewa. Hendaknya teruslah berkarya. 


Dari laporan yang disampaikan oleh Ketua Juri Lomba Video Pilkada Meranti, Rudi Rizal membeberkan jika lomba tersebut diikuti belasan peserta. Namun ia menyayangkan masih ada peserta yang tidak memenuhi syarat. 


"Setelah melewati tahapan pengumpulan berkas peserta pada 20 Desember 2020 lalu, proses penjurian berlangsung alot dari tiga orang juri. Termasuk saya sendiri. Dari hasil seleksi penjurian yang dipastikan cukup objektif, maka mengerucut enam karya terbaik dari seluruh peserta," ujarnya. 


Adapun daftar pemenang Lomba Video Pilkada Meranti 2020 dengan sub tema Ciptakan Pilkada Aman, Damai, Berkualitas Masa Pandemi Covid-19 yang diumumkannya terdiri dari: 


Terbaik I Heru Sandra, terbaik II Wan Fahmi, terbaik III Miswandi, juara harapan I Gussandra, juara harapan II Reza Insanuddin, juara harapan III Ismaniar. Total hadiah yang mereka mendekati Rp 20 juta rupiah. 


Ditambahkan oleh Ketua PWI Kepulauan Meranti Syamsidir, saat ini terdapat dua agenda lomba yang masih menunggu pengumuman hasil penjurian. Saat ini panitia masih mencari waktu yang tepat. 


Adapun lomba yang dimaksud diantaranya lomba foto bersama Polres dan lomba karya tulis jurnalistik bersama KPU setempat. "Untuk itu kami berharap seluruh peserta dapat memantau informasi dari media sosial masing masing penyelenggara. Walaupun demikian, kami sedang mencari waktu yang tepat agar diumumkan segera," ujarnya. (rls/pr2)