Kategori Pemerintah Provinsi, Riau Berhasil Raih Urutan Pertama Keterbukaan Informasi Publik
Cari Berita

Advertisement

Kategori Pemerintah Provinsi, Riau Berhasil Raih Urutan Pertama Keterbukaan Informasi Publik

Rabu, 16 Desember 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Untuk kesekian kalinya Provinsi Riau menorek prestasi di tingkat nasional. Kali ini Provinsi Riau meraih peringkat pertama dalam kualifikasi menuju informatif untuk keterbukaan informasi publik kategori Pemerintah Provinsi tahun 2020. 


Demikian diungkapkan Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Gede Narayana secara virtual dalam acara penganugerahan keterbukaan informasi publik tahun 2020 di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (25/11/2020). 


Dalam penghargaan tersebut, Provinsi Riau masuk ke dalam kualifikasi menuju informatif dengan nilai antara 89.84. Prestasi tersebut berhasil mengungguli provinsi lain seperti Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Barat yang berada di lima besar. 


Gede Narayana mengatakan, badan publik dituntut untuk tetap memberikan layanan informasi publik secara optimal kepada masyarakat luas. Sehingga publik merasakan negara hadir dengan layanan informasi publik. 


Merujuk pada pernyataan resmi dari Bank Dunia tahun 2016, Gede mengatakan Komisi Informasi Publik pada dasarnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. 


Namun, ia melihat keterbukaan informasi publik di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diamanatkan oleh Undang-Undang, karena masih banyak badan publik yang belum melaksanakan keterbukaan informasi publik sesuai prosedur dan aturan yang telah ditetapkan. 


"Hal ini menjadi perhatian bersama, masih diperlukan dorongan besar untuk menjadikan keterbukaan informasi sebagai suatu budaya kita bersama dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan efisien," ujarnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id 


Ia berharap Komisi Informasi harus lebih menggelorakan budaya keterbukaan informasi publik serta harus didukung juga dengan komitmen yang kuat dari pemerintah. pr2