Motivasi Warga Gunakan TMP ke Wilayah Kota, Tahun Depan Pemko akan Operasikan Transportasi Feeder
Cari Berita

Advertisement

Motivasi Warga Gunakan TMP ke Wilayah Kota, Tahun Depan Pemko akan Operasikan Transportasi Feeder

Senin, 30 November 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Guna memotivasi warga menggunakan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) untuk bepergian di wilayah dalam kota dan membantu mengurai kepadatan lalu lintas serta mengurangi subsidi ke TMP, tahun depan Pemko Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru akan mengoperasikan transportasi feeder atau penyambung dari pemukiman ke bus TMP. 


Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, Yuliarso, baru-baru ini. Dia mengatakan, saat ini masih dalam tahap mempersiapkan armada feeder. Ada beberapa unit kendaraan yang dipersiapkan untuk itu. "Untuk kajian bisnis sudah, kajian subsidi juga sudah. Tinggal persiapan unit saja lagi," jelas Yuliarso.


Lanjutnya, tranportasi feeder ini nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau pihak ketiga. Dan armada feeder juga langsung disiapkan pihak pengelola. "Mudah-mudahan di tahun ini kalau tidak ada halangan, kita meminta mereka (BUMD) yang menyiapkan, tidak lewat APBD," ujarnya.


Ditambahkannya, pengoperasian feeder bertujuan memotivasi warga menggunakan bus TMP untuk bepergian di wilayah dalam kota. Hal itu tentu akan membantu mengurai kepadatan lalu lintas serta mengurangi subsidi ke TMP.


"Sementara untuk tiketnya akan diberlakukan satu tiket dengan bus TMP. Dengan demikian, pengguna jasa feeder cukup membayar satu tiket karena tiketnya direncanakan menyatu dengan bus TMP," tutupnya. pr2