Bertepatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Kadiskes Galakkan Program Penghijauan di Kota Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Bertepatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Kadiskes Galakkan Program Penghijauan di Kota Pekanbaru

Senin, 30 November 2020

Kadiskes HM Noer bersama warga dan kelompok Kompas menanam pohon untuk program penghijauan.

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru, Drs HM Noer MBS, SH, MSi, MH terus berupaya menciptakan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya. Terutama menciptakan lingkungan tempat tinggal yang asri dan hijau.


Bersama Kelompok Pemuda Sehat Kota Pekanbaru (Kompas), Kadiskes, Minggu (29/11) mengisi acara dengan melakukan penanaman pohon di sejumlah lokasi di Kota Pekanbaru. Seperti di Jalan HR Soebrantas, Gang Amal, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan serta di Jalan Bakti IX, Kecamatan Marpoyan Damai.


Ketika ditemui di lokasi acara, HM Noer yang juga dewan pembina Kompas Pekanbaru menyambut baik langkah yang dilakukan hari ini. “Langkah yang baik untuk menciptakan lingkungan yang lebih asri dan hijau. Kita usahakan program ini terus berjalan dengan melibatkan sejumlah pihak yang peduli dengan lingkungan,” ujarnya.


Tambahnya, upaya untuk penciptaan lingkungan yang asri dan hijau semata-mata demi kepentingan masyarakat Kota Pekanbaru. “Pastinya kita lebih nyaman tinggal di lingkungan yang hijau. Udaranya bersih dan tidak tercemar di sekitar kita. Selain itu ke depannya tanaman yang kita tanam ini otomatis bisa mengendalikan bahaya banjir,” jelasnya.


Pihaknya berharap masyarakat Pekanbaru mampu mengambil hal yang positif dari kegiatan hari ini. “Kita sengaja mensosialisasikan penanaman pohon di tengah masyarakat. InsyaAllah bisa menjadi contoh yang baik yang tentunya bisa ditiru,” tegasnya.


Sementara itu Ketua Kompas Pekanbaru, Zainuddin ST secara gamblang menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut dijadikan contoh bagi masyarakat Pekanbaru lainnya.


“Kita mencoba menciptakan gairah baru di tengah masyarakat agar mereka memiliki kepedulian yang sama terhadap lingkungan. Kita tanam sejumlah pohon sebagai contoh bagi masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama,” katanya seperti dilansir potret24.com


Selain itu tambahnya lagi, sejumlah pohon yang ditanamnya hari ini suatu saat sangat bermanfaat bagi warga setempat. “Lingkungan lebih hijau, Oksigennya lebih banyak. Serta nantinya hasil buah bisa dimanfaatkan. Dikonsumsi bisa, dijadikan komoditi bisnis juga bisa,” ujarnya.


Dalam kegiatan hari ini berbagai jenis pepohonan ditanam di dua lokasi tersebut. Diantaranya, jenis tanaman Sirsak, Matoa dan Mahoni. Ikut hadir dalam acara tersebut, Ketua RW 12 Sialang Munggu, Edrison, HKS, Himpunan Keluarga Sosial setempat serta para pengurus Kompas. Selain itu tampak juga hadir sejumlah warga setempat. pr2