Tokoh Muhammadiyah yang Juga Mantan Mendiknas, Malik Fadjar Tutup Usia
Cari Berita

Advertisement

settia

Tokoh Muhammadiyah yang Juga Mantan Mendiknas, Malik Fadjar Tutup Usia

Senin, 07 September 2020


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Ketua Umum Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir mengonfirmasi berita duka atas wafatnya anggota Dewan Pertimbangan Presiden sekaligus tokoh Muhammadiyah, Prof Dr HA Malik Fadjar di usia 81 tahun. 


“Beliau wafat pada pukul 19.00 WIB. Mohon doanya,” kata Haedar, Senin (7/9) malam.


Dijelaskannya, tokoh Muhammadiyah kelahiran Yogyakarta 22 Februari 1939 tersebut sempat menjabat sebagai Menteri Agama di era Presiden BJ Habibie. Pada periode 2001-2004, Prof Malik Fadjar juga sempat duduk sebagai Menteri Pendidikan Nasional. Ia juga sempat menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada tahun 2015 dan 2019.

 

"Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah itu juga tercatat menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) periode 1983-2000," jelasnya seperti dilansir republika.co.id.


Informasi dari Pengurus PP Muhammadiyah, Dr Anwar Abbas, almarhum meninggal dunia di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta. Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi tambahan terkait penyebab meninggalnya.


Prof Malik Fadjar cukup berjasa bagi Pondok Modern Darussalam Gontor. Saat beliau duduk sebagai Menteri Agama tahun 1999, ijazah Gontor resmi diakui Pemerintah Indonesia. Melalui SK Dirjen Binbaga Islam No. E/IV/PP.03.02/KEP/64/98, untuk pertama kalinya, status Ijazah pendidikan Gontor disamakan dengan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Tidak hanya itu, melalui SK Mendiknas No/105/O/2000, ijazah Gontor juga disetarakan dengan Sekolah Menengah Umum. pr2