Peduli Seniman, Lions Club Pekanbaru Salurkan 50 Paket Sembako ke Lumpang Aseri
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Peduli Seniman, Lions Club Pekanbaru Salurkan 50 Paket Sembako ke Lumpang Aseri

Senin, 07 September 2020

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Lion Club Pekanbaru Star (LCPS), Senin (7/9) menyerahkan donasi berupa 50 paket sembako kepada Lumbung Pangan (Lumpang) Asosiasi Seniman Riau (Aseri) di Pekanbaru. Paket tersebut terdiri dari beras, ikan kaleng, gula, minyak goreng, mi instan dan susu kental manis.


Pimpinan rombongan LCPS, Olyrinson, menjelaskan, pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Aseri dalam ikut membantu para seniman yang memang membutuhkan bantuan. Dia berharap bantuan dari LCPS ini bisa meringankan para seniman yang saat ini sangat terdampak akibat pandemi corona (Covid-19) yang belum tahu kapan akan berakhir.


Bantuan tersebut langsung diterima oleh Ketua Aseri SPN Marhalim Zaini di Gudang Lumpang Aseri, di kawasan Simpang Tiga Pekanbaru.


Selain Marhalim, pengurus Aseri yang datang dan membantu proses penurunan barang antara lain Aristofani (Sekum Aseri), Fedli Azis (Wakil Ketua Aseri), Willy Fwi (Ketua Bidang Program dan Ekonomi Kreatif), Furqon LW (Bendahara Aseri dan Ketua UPT Lumpang), Bens Sani (Ketua Bidang Kerja Sama Aseri) Eko Fazra dan Muhammad Andika (anggota UPT Lumpang), dan beberapa pengurus lainnya. 


"Semoga bantuan ini bisa meringankan beban ekonomi teman-teman yang terdampak corona ini," jelas lelaki yang juga seorang cerpenis dan novelis ini.


Dalam kesempatan itu Olyrinson menyampaikan salam dari Presiden LCPS Hendra Kurniawan yang tak bisa hadir langsung dalam penyerahan bantuan, tetapi sangat memberi atensi atas upaya Lumpang Aseri yang mau mengumpulkan donasi untuk sesama seniman.


Kata Oly, LCPS ini berdiri pada 2015 yang anggotanya adalah para alumni SMA Santa Maria Pekanbaru. Organisasi ini bergerak di bidang amal dan kemanusiaan dengan mengumpulkan donasi dari para anggotanya untuk disalurkan kepada orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi.


Mereka sering melakukan bakti sosial, operasi katarak, memberikan bantuan kacamata kepada siswa yang kurang mampu, membantu biaya berobat keluarga tak punya biaya, menyalurkan bantuan ke masyarakat yang terkena bencana alam, dan juga bantuan hingga ke pelosok suku-suku pedalaman yang terabaikan dalam pembangunan. Salah satunya ke Suku Sakai.


"Intinya, kami menyalurkan bantuan secara tepat, yakni ke orang-orang yang benar-benar membutuhkan bantuan," jelas Olyrinson.


Untuk itu, tambah Olyrinson, pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Lumpang Aseri dalam menyalurkan bantuan khusus untuk seniman karena menurutnya Aseri pasti punya data seniman yang benar-benar membutuhkan bantuan. Dia berharap kerja sama ini terus terjalin.


Dalam kesempatan itu Marhalim mengucapkan terima kasih kepada LCPS yang percaya kepada Lumpang Aseri untuk menyalurkan bantuan langsung kepada seniman yang membutuhkan. Kata Marhalim, saat pandemi corona seperti sekarang, banyak seniman yang memang memerlukan bantuan dari banyak pihak karena mereka banyak yang kehilangan pekerjaannya.


"Kami dari Lumpang Aseri sangat terbuka menerima donasi dari pihak mana pun untuk tujuan kemanusiaan. Tujuan dari didirikannya Lumpang Aseri ini memang untuk membantu langsung seniman secara ekonomi sambil berupaya mencari peluang agar seniman bisa mendapatkan pekerjaan kreatif sesuai seni yang mereka kuasai," jelas Marhalim.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua UPT Lumpang Aseri, Furqon LW. Menurut lelaki yang dikenal sebagai kartunis ini, pihaknya akan langsung mendatangi rumah-rumah seniman yang terdampak ekonomi, terutama seniman maestro yang selama ini nyaris terlupakan.


"Banyak dari seniman maestro ini yang sebelum pandemi corona melanda, memang hidup dalam kondisi yang relatif kekurangan. Mereka akan menerima bantuan tetap dari Lumpang Aseri setiap bulannya," jelas Furqon. pr2