Rapid Test 480-an Calon Santri dan Santri, Pengurus IKPM Gontor Bersama Dinkes Riau Cek Kesiapan Lokasi
Cari Berita

Advertisement

settia

Rapid Test 480-an Calon Santri dan Santri, Pengurus IKPM Gontor Bersama Dinkes Riau Cek Kesiapan Lokasi

Jumat, 12 Juni 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ketua Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor Ponorogo Cabang Pekanbaru-Riau, H Fajeriansyah, Lc, MA didampingi Sekjend IKPM HM Ikhwan, Lc, MA dan pengurus H Afder Darius, MAg, Defizul, SAg dan Nobel, Jumat (12/6) pagi mengecek kesiapan Gedung Asrama Haji Provinsi Riau untuk pelaksanaan rapid test bagi 480-an calon santri/wati dan santri/wati yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Pulau Jawa.

Dijelaskan Fajeriansyah, hari ini (Jumat, red) sejumlah pengurus melakukan pengecekan kesiapan gedung Asrama Haji Provinsi Riau besama tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau dan pengelola gedung Asrama Haji untuk memastikan kesiapan gedung tersebut. "Insya Allah rapid test akan diselenggarakan di gedung ini sesuai arahan dari Pemprov Riau melalui Dinkes Provinsi. Dan jumlah calon santri/wati dan santri/wati yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Pulau Jawa berjumlah 480-an.



"Rapid test ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi mereka sebelum melakukan perjalanan udara ke Pulau Jawa. Alhamdulillah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Bapak Gubernur Riau, Syamsuar sudah memberikan bantuan untuk pelaksanaan rapid test ini bagi anak-anak kita yang semuanya putra putri asal Riau secara gratis. Dan Pak Gubri langsung meminta kepada Dinkes Provinsi untuk membantu pelaksanaaan rapid test ini yang Insya Allah akan dilaksanakan di gedung Asrama Haji Provinsi Riau. Kami atas nama pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemprov Riau melalui Dinkes ini. Semoga anak-anak kita yang akan menjalani rapid test nantinya berjalan lancar," harapnya.

Lanjutnya, pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi dan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau yang telah memberikan izin peminjaman gedung Asrama Haji Provinsi Riau sebagai tempat dilaksanakannya rapid test bagi anak-anak kita. "Semoga Allah Subhanahu wata'ala selalu memberikan kemudahan kepada Pemerintah Provinsi Riau yang turut serta membantu dan memudahkan putra putri daerah yang sedang dalam menuntut ilmu," ujarnya.

Sementara itu, Sekjend IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau, HM Ikhwan, Lc, MA menambahkan, adapun rapid test bagi para calon santri/wati dan santri/wati yang akan berangkat menuju Pondok Pesantren Gontor di Pulau Jawa yang berjumlah lebih kurang 480-an tersebut, Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 13,14,15,19 dan 20 Juni 2020 mendatang. 

"Artinya, pelaksanaan rapid test ini dilakukan satu hari sebelum keberangkatan mereka ke Ponpes Gontor di Pulau Jawa. Karena keberangkatan mereka ada beberapa gelombang sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dan diharapkan kepada seluruh calon wali santri/wati dan wali santri untuk mengingatkan kepada anak-anak kita agar dapat menjaga kesehatan dan stamina sebelum dilakukannya rapid test. Supaya saat pelaksanaan rapid test nantinya tidak ada yang dinyatakan positif atau reaktif bahkan orang tanpa gejala (OTG) terhadap gelaja covid-19. Mudah-mudahan anak-anak kita semua yang akan berangkat sehat walafiat," harap Ikhwan.

Tambahnya, kepada seluruh ustadz dan ustazah pembimbing diminta selalu berkoordinasi dengan pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau. Ini bertujuan untuk mendapatkan up date informasi dan sinergi serta saling membantu untuk pengurusan keberangkatan anak-anak kita ke Ponpes Gontor di Pulau Jawa. 

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Provinsi Riau, dr Yohanes yang didampingi sejumlah stafnya mengatakan, pihaknya akan siap membantu pelaksanaan rapid test untuk para calon santri/wati dan santri/wati yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor di Pulau Jawa sebanyak 480-an. Ini memang sudah menjadi aturan sesuai protokol kesehatan. Dan tentunya saat pelaksanaan rapid test nantinya juga diminta kepada seluruhnya untuk tetap dalam aturan protokol kesehatan.

"Makanya kami bersama pengurus IKPM Gontor Cabang Pekanbaru-Riau dan pengelola gedung ini sesuai arahan Pak Gubernur untuk mengecek kesiapan gedung Asrama Haji ini sebagai tempat dilaksanakannya rapid test sesuai kesepakatan jadwal waktu yang sudah ditentukan. Mudahan-mudahan semua nantinya berjalan lancar," harapnya. pr2