Seluruh Sekolah di Riau Diliburkan 16-30 Maret dan UN SMK Ditunda
Cari Berita

Advertisement

Seluruh Sekolah di Riau Diliburkan 16-30 Maret dan UN SMK Ditunda

Senin, 16 Maret 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Setelah menerima surat resmi dari pemerintah pusat melalui Badan Pendidikan Nasional (BPN), dan imbauan Presiden Joko Widodo, Gubernur Riau, Syamsuar, langsung mengambil keputusan untuk meliburkan seluruh sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA/SMK/MA, mulai Senin (16/3/2020) besok.

Keputusan ini diambil setelah Gubernur Riau mengadakan rapat bersama Dinas Pendidikan, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau, dan memutuskan untuk meliburkan sekolah mulai tanggal 16-30 Maret 2020.

“Mencermati tentang kasus Covid 19 di Tanah Air, dan juga kita mendapatkan pernyataan, dari Presiden RI Joko Widodo pada minggu ini, serta mencermati surat edaran dari BPN, maka malam hari ini kami mengadakan rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan dan jajaran serta bersama Kakanwil Kemenag. Dalam menghadapi situasi kondisi saat ini, kami telah menyepakati, mulai hari Senin kami meliburkan seluruh sekolah, baik sekolah umum dan sekolah swasta,” ujar Gubri, Ahad (15/3) malam.

“Madrasah, PDTA, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah Aliyah, mulai tanggal 16 sampai tanggal 30 Maret libur sekolah. Terhadap pesantren munawwarah, ada ujian khusus, maka ujiannya hanya satu hari saja, karena itu kami memberikan kepada pimpinan pondok, untuk melaksanakan ujian hanya satu mata pelajaran. Dan setelah itu anak-anak kita para santri diliburkan,” kata Gubri.

Pada kesempatan tersebut, Gubri juga mengimbau kepada seluruh kampus di Riau, juga ikut meliburkan mahasiswa dalam proses belajar mengajar.

“Kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, kiranya juga kami merekomendasikan meliburkan para mahasiswa/mahasiswi. Namun demikian kami menyerahkan kepada pimpinan perguruan tinggi untuk mengambil kebijakan,” ungkap Gubri.

“Bagi seluruh rakyat Riau, mari kita sama-sama berdoa, dengan mengharapkan kuasa Allah, agar negeri kita ini dijauhkan dari segala musibah, dan ditingkatkan ketabahan dan ketaatan kepada Allah SWT,” tutup Gubri.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau, tetap melaksanakan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMK sederajat, mulai Senin (16/3) besok. Tercatat sebanyak 30.118 Siswa SMK se-Riau akan menjalani UN Berbasis Komputer (UNBK).

Sekretaris Disdik Riau, Ahyu Suhendra, mengatakan, dengan adanya instruksi Gubernur Riau untuk meliburkan segala proses belajar mengajar dan ujian, maka UN tingkat SMK yang seharusnya dimulai Senin ini, dibatalkan.

“Ujian SMK ditunda, sampai tanggal 30 Maret. Setelah itu baru akan ada informasi selanjutnya, termasuk UN SMA. Bagi seluruh kepala SMK agar bisa melaksanakan keputusan Gubernur Riau, untuk mengantisipasi corona,” tutupnya. pr2