Akibat Lockdown, 44 Jamaah Umrah Indonesia Hingga Kini Tertahan di Arab Saudi
Cari Berita

Advertisement

Akibat Lockdown, 44 Jamaah Umrah Indonesia Hingga Kini Tertahan di Arab Saudi

Rabu, 25 Maret 2020


ARAB SAUDI, PARASRIAU.COM - Sebanyak 44 jemaah umrah asal Indonesia, sejak 16 Maret lalu, tertahan di Arab Saudi akibat penutupan ibadah umrah. Mereka tak bisa pulang ke tanah air dan hanya bisa berdiam diri di hotel dengan kondisi psikologis yang benar-benar down.

"Kondisi jemaah umrah sudah down atau stres berat, karena berada di hotel dan gak bisa pulang ke Indonesia," kata pembimbing umrah Pengurus Silaturahmi Haji dan Umrah Indonesia (SAHI), Abdul Jabar, ketika dihubungi, Selasa (24/3) via selulernya.

Lebih jauh Abdul Jabar mengatakan, ketika kebijakan penutupan ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi pada 27 Februari lalu, ternyata sebagian jemaah Indonesia sudah masuk tanah suci.

"Awalnya jemaah tetap bisa melaksanakan ibadah umrah dan ibadah-ibadah lainnya di Masjid Nabawi maupun Masjidil haram," ujarnya.

Namun ketika jemaah umrah akan pulang ke Indonesia, ternyata sudah tidak ada penerbangan, karena pesawat dari Indonesia tak boleh mendarat di Bandara King Abdul Azis Jeddah maupun Bandara Madinah.

"Akhirnya kami dibawa ke hotel di Kota Jeddah sampai sekarang. Dari 44 jemaah sebanyak 17 jemaah ditempatkan di hotel daerah Jeddah, sedangkan sisanya di Madinah," katanya.

Untuk biaya sewa hotel dan makanan ditanggung oleh pihak biro perjalanan umrah, namun kemampuan keuangannya terbatas.

"Kami sudah lapor ke pihak Kedubes Indonesia maupun Komjen. Dan, mereka sudah pernah mendatangi kami di hotel. Namun pihak Kedubes Indonesia hanya mengatakan, sabar dan tunggu tanpa solusi yang pasti. Padahal kami ingin segera pulang ke Indonesia bagaimana pun caranya," katanya. pr2

dilansir: pikiran-rakyat.com