Sekdaprov Yan Prana Resmikan Gedung Guru Riau HM Rusli Zainal
Cari Berita

Advertisement

settia

Sekdaprov Yan Prana Resmikan Gedung Guru Riau HM Rusli Zainal

Minggu, 02 Februari 2020


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Nama Gubernur Riau dua periode 2003-2008 dan 2008-2013 HM Rusli Zainal dikenal sebagai sosok yang kharismatik. Beliaw memiliki andil yang besar bagi pembangunan Riau,  karyanya terus dikenang termasuk membangun pendidikan serta jasanya terhadap guru.

Sebagai bentuk penghargaan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau memberikan nama gedung Guru Riau yang berada di Jalan Jenderal Sudirman diberi nama Gedung Guru HM Rusli Zainal. Gedung tersebut diresmikan Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya mewakili Gubernur Riau, Sabtu (1/2/2020).

"Nama Gedung Guru HM Rusli Zainal sebagai bentuk penghargaan kepada beliau, karena semasa beliau menjabat Gubernur memberikan perhatian khusus kepada pendidikan dan membangun gedung ini," ujar Yan Prana Jaya.

Dikatakan Yan Prana diharapkan Gedung Guru ini bisa menjadi wadah bagi guru di Riau dalam meningkatkan pengembangan dan wawasan.

Sementara Ketua PGRI Provinsi Riau, M Syafii menjelaskan alasan pemberian nama gedung guru Riau, yang mana merujuk surat dari PGRI pusat tahun 2007 yang meminta agar gedung guru Riau diberi nama HM Rusli Zainal.

"Jadi nama Gedung Guru Riau dengan sebutan Gedung Guru HM Rusli Zainal itu dengan delapan alasan dan pertimbangan," ujarnya.

Kemudian pemberian nama Gedung Guru Riau, sebut Syafii, telah melalui audensi pengurus PGRI Riau dengan kepala daerah Riau, dan pihak terkait lain.

"Selain itu kita juga sudah meminta izin kepada pak Rusli Zainal, apakah beliau beliau bersedia namanya dijadikan nama gedung guru. Alhamdulillah beliau berkenan," ungkapnya.

Adapun delapan pertimbangan Gedung Guru Riau diberi nama Gedung Guru HM Rusli Zainal:

Pertama, Rusli Zainal adalah salah seorang pemimpin daerah yang meletakkan pembangunan pendidikan sebagai prioritas utama. Kedua, Program pembangunan di bawah kepemimpinan Gubernur Riau HH Rusli Zainal yang dikenal dengan program K21 Provinsi Riau, adalah program yang sangat tepat dan strategis sesuai dengan tuntutan pembangunan, serta mencakup harapan dan kepentingan rakyat banyak.

Ketiga, Pemerintah Provinsi Riau di bawah kepemimpinan HH Rusli Zainal tercatat sebagai Pemda yang dengan sungguh-sungguh telah mentaati ketentuan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia dengan mengalokasikan anggaran pendidikan dalam APBD sebesar 20 persen lebih. Keempat, HM Rusli Zainal adalah gubernur yang sangat memperhatikan kebutuhan guru di daerah dengan dana APBD provinsi Riau mengangkat ribuan guru honorer horor pada berbagai jenjang pendidikan di provinsi Riau, baik untuk kebutuhan sekolah negeri maupun untuk kebutuhan sekolah swasta termasuk peningkatan kesejahteraan guru, pemberian beasiswa bagi guru dan mahasiswa.

Kelima, inisiatif Gubernur Rusli Zainal membangun gedung guru pada lokasi yang begitu strategis dan monumental adalah manifestasi dari perhatian dan penghargaan beliau yang tinggi terhadap profesi guru.

Keenam, beberapa penghargaan di bidang pendidikan telah pula diterima oleh Gubernur HM Rusli Zainal sebagai bukti kesungguhan beliau dalam membangun dunia pendidikan khususnya di provinsi Riau. Ketujuh, terciptanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi Riau di bawah kepemimpinan HM Rusli Zainal dengan PGRI baik pada tingkat daerah maupun pada tingkat nasional dengan PB PGRI.

Serta kedelapan, pemberian nama "Gedung Guru HM Rusli Zainal" (GGRZ) adalah juga sebagai tanda rasa terima kasih PGRI secara nasional kepada Gubernur Rusli Zainal terlebih-lebih lagi kepada rakyat dan masyarakat luas Provinsi Riau. pr2