Negara India Tawarkan Kerjasama Pendidikan dan Investasi di Riau
Cari Berita

Advertisement

settia

Negara India Tawarkan Kerjasama Pendidikan dan Investasi di Riau

Jumat, 17 Januari 2020



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Konsulat Jenderal (Konjen) India, Raghu Gururaj, Jumat (17/1/2020), bertandang ke kediaman gubernur Riau. Tujuannya menawarkan kerja sama di bidang pendidikan dan investasi.


Keinginan dari pihak India ini disambut baik Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MS.i. Selain tawaran beasiswa bagi mahasiswa yang ingin kuliah di India, Raghu juga menyampaikan keinginannya kepada Pemprov Riau memberikan pelatihan bagi pegawai dan pejabat aparatur pemerintah daerah di Riau ke India.

"Kita punya program beasiswa dan pelatihan tenaga profesional, seluruh  biaya ditanggung oleh pemerintah India. Kami berharap kedepan ada mahasiswa dan aparatur dari Riau yang bisa memanfaatkan program ini," ujar Raghu.

Tawaran ini langsung disambut oleh Gubri , pihaknya langsung meminta kepada pemerintah India agar mengirimkan surat resmi ke Pemprov Riau. Sehingga pemprov Riau bisa menindaklanjuti tawaran tersebut dengan mempersiapkan mahasiswa yang nanti bisa mendapatkan beasiswa dari India.

"Kerjasama pendidikan, mereka memberikan kesempatan anak-anak Riau belajar di India dan ASN kita juga diberikan kesempatan untuk melakukan pelatihan di india. Tadi saya sudah minta mereka buat surat tertulis dengan kami, nanti kita tindaklanjuti untuk mengirimkan mahasiswa sesuai dengan bidang yang mereka butuhkan. Karena kita kan belum tau ini beasiswanya untuk jurusan apa saja," kata Syamsuar usai menjamu Konjen India di Kediaman Dinasnya, Jumat (17/1/2020).

"Kami ucapkan terimakasih kepada Konjen India atas perhatiannya kepada anak-anak kita untuk mendapatkan beasiswa bagi anak-anak kita di Riau. Termasuk bagi ASN kita untuk melakukan pelatihan di India," ujarnya.

Selain kerjasama dibidang pendidikan, pada pertemuan tersebut Gubri juga  mengajak pengusaha dari India untuk bisa menanamkan modalnya di Riau. Terutama adalah perusahaan revenary pengolahan sawit dan kelapa dalam. Sebab di Riau merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit dan kelapa dalam terbesar di Indonesia.

"Jadi kalau ada perusahaan revenary sawit dan kelapa dalam itu sangat cocok sekali. Karena dari sisi bahan baku kita punya banyak perkebunan sawit dan kelapa dalam. Bahkan Riau jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Sumatera Utara," kata Syamsuar.

Tawaran dari Gubri Syamsuar tersebut disambut baik oleh Komjen India, Raghu Gururaj, pihaknya bahkan akan mendatangkan pegusaha dari India ke indonesia.  Dijadwalkan para pengusaha dari India akan melakukan kunjungan ke Indonesia tanggal 12 Februari 2020 di Jakarta. Kemudian tanggal 14 Februari akan berkunjung ke Medan.

"Mudah-mudahan nanti bisa berkunjung ke Riau juga," ujar Syamsuar.

Pada pertemuan tersebut Gubri Syamsuar juga memaparkan sejumlah potensi yang ada di Riau.  Selain sawit dan kelapa dalam, Gubri juga menyamapiakan soal potensi pariwisata yang ada di Riau.

"Kita punya peninggalan Hindu yakni candi muara takus, jadi harapan kita mereka bisa membawa wisatawan ke Riau. Sehingga mereka nanti datang kesini bukan hanya menanamkan investasi tapi juga bisa menikmati pariwisata di Riau," katanya. rls