Delegasi PWI Riau Saksikan Langsung Fenomena GMC di Bunsur
Cari Berita

Advertisement

Delegasi PWI Riau Saksikan Langsung Fenomena GMC di Bunsur

Jumat, 27 Desember 2019



BUNSUR, PARASRIAU.COM - Gerhana Matahari Cincin (GMN) merupakan fenomena alam yang bisa disaksikan langsung masyarakat, terutama di Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada Kamis (26/12/2019) sekitar pukul 12.16 WIB.


GMC yang terjadi 300 tahun sekali ini menjadi daya tarik masyarakat se-antero dunia untuk melihatnya. Termasuk delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau yang langsung dikomandoai oleh Ketua Zulmansyah Sekedang. Turut bersama delegasi PWI Riau yakni Pengurus Serikat Perusahaan Suratkabar (SPS) Riau, mahasiswa perguruan tinggi dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).


"Kami dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dan SPS Riau Alhamdulillah bisa berkesempatan melihat langsung fenomena GMN ini," ujar Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang kepada awak media yang turut serta menyaksikan fenomena alam ini di Desa Bunsur, Kabupaten Siak, Rabu (25/12) siang.


Zulmansyah menyampaikan, kegiatan SPS dan PWI ke Siak antara lain bersilaturahmi dengan Bupati Siak dan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) serta melihat hutan mangrove yang dikelola PT EMP di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

Untuk diketahui, lokasi pengamatan GMC berada di Desa Bunsur, Kecamatan Sungai Apit. Untuk menuju lokasi ini, perjalanan yang ditempuh kurang lebih 2 jam dari Kota Siak. Sebelum fenomena alam ini muncul, delegasi PWI Riau melaksanakan Sholat Gerhana bersama masyarakat dan unsur Pemerintah Kabupaten Siak. Menariknya lagi, usai Gerhana Matahari Cincin ini muncul, masyarakat dihibur dengan penampilan Nissa Syabian Gambus. (*)