Gedung Juang 45 Bakal Disulap Jadi Museum Perjuangan Riau
Cari Berita

Advertisement

settia

Gedung Juang 45 Bakal Disulap Jadi Museum Perjuangan Riau

Selasa, 05 November 2019



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menjadikan Gedung Juang 45 Riau yang berada di Jalan Sudirman Pekanbaru sebagai museum perjuangan. Tahun depan gedung tersebut akan mulai direnovasi.

"Rencananya tahun depan kami akan renovasi Gedung Juang 45 itu menjadi museum perjuangan," ungkap Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa (5/11) di Pekanbaru.

Untuk membuat Meseum Perjuangan itu, kata Gubri, pihaknya sudah membentuk tim. Dan tim tersebut sudah melakukan studi banding ke Yogyakarta guna melihat meseum perjuangan di sana. "Kemarin tim sudah melakukan studi banding ke Yogyakarta untuk melihat museum perjuangan di sana. Sehingga bisa diterapkan di sini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zen mengatakan, museum perjuangan itu nantinya akan dikonsep millenial dan modern, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

"Nanti museum itu bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah bagi wisatawan. Apalagi dengan letaknya yang strategis tak jauh dari bandara, ini akan jadi daya tarik tersendiri. Sejauh itu juga sebagai edukasi bagi pelajar di Riau untuk mengetahui sejarah perjuangan masyarakat Riau dahulu," katanya.

Di museum itu, lanjut Yoserizal, akan diisi koleksi-koleksi yang berhubungan dengan sejarah perjuangan rakyat Riau yang ada di 12 kabupaten/kota. "Nanti tim yang sudah dibentuk akan turun ke kabupaten/kota dan ke tempat-tempat yang berhubungan dengan sejarah Provinsi Riau, untuk mengumpulkan alat-alat perang dan dokumen zaman dahulu," tutupnya. ***

dilansir: cakaplah.com