Zulmansyah Beri Reward Bagi Anggota PWI yang Berkontribusi dalam Penulisan Buku HPN 2020
Cari Berita

Advertisement

settia

Zulmansyah Beri Reward Bagi Anggota PWI yang Berkontribusi dalam Penulisan Buku HPN 2020

Rabu, 16 Oktober 2019



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sesuai surat dari Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2020 pusat yang diterima PWI Riau tetanggal 9 Oktober lalu, bahwa Panitia Bidang Penerbitan dalam rapat pada 8 Oktober lalu memutuskan sejumlah buku akan diterbitkan dan beberapa kriteria. Penerbitan sejumlah buku itu bersempena peringatan HPN 2020 yang akan diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang dalam rapat pengurus PWI Riau, Senin (14/10/2019), berharap para wartawan anggota PWI Riau ikut berpartisipasi dalam penulisan buku tersebut. Menurutnya, akan memberi kebanggaan tersendiri bagi PWI Riau jika ada tulisan wartawan anggota PWI Riau yang masuk di masing-masing buku yang akan diterbitkan itu.

“Pasti teman-teman wartawan PWI Riau punya banyak tulisan terkait tema-tema yang sudah disampaikan. Saya berharap banyak yang ikut menulis dan mudah-mudahan masuk dalam buku-buku tersebut,” harap Dirut Rtv tersebut.

Adapun judul-judul buku yang akan diterbitkan antara lain yakni Sejarah Kalimantan Selatan, Perkembangan Pers dan Wisata Kalimantan Selatan, Puisi/Cerpen/Kumpulan Cerpen, Kisah-kisah wartawan dalam melakukan peliputan, Masa depan media cetak vs media digital, Hasil-hasil penelitian terkait media massa, Sosok inspiratif wartawan Indonesia, Kompetensi wartawan (suka duka UKW, peserta dan penguji), Jurnalisme vs buzzer media sosial, dan buku tentang Kebudayaan (dalam arti luas).

Lanjutnya, ketentuan yang ditetapkan Panitia HPN Pusat 2019 adalah, naskah ditulis dalam format MS Word dengan huruf Times Roman ukuran 12, dengan spasi 1,5, maksimal 200 halaman. Bagi wartawan anggota PWI Riau yang berminat menulis, bisa mengirimkan naskahnya berbentuk file ke Sekretariat PWI Riau Jl Arifin Ahmad Pekanbaru ke Wahyuni Aprimadona. Penyerahan naskah paling lambat tanggal 30 Oktober 2019.

Setelah itu PWI Riau akan melakukan seleksi kecocokan tema dan langsung mengirimkannya ke Panitia Bidang Penerbitan HPN Pusat 2020. “Nanti kalau ada tulisannya yang lolos dan diterbitkan dalam buku-buku tersebut, PWI Riau akan memberikan reward, yakni diajak mengikuti kegiatan peringatan HPN 2020 di Banjarmasin,” ujar Zulmansyah memberi semangat.

Buku-buku yang diterbitkan tersebut rencananya akan dibagikan pada puncak peringatan HPN 2020 pada Ferbuari 2020 mendatang. Buku-buku tersebut juga akan dikirimkan ke PWI Provinsi di seluruh Indonesia.*rls