Kecamatan Tampan Raih Juara Umum Porkot VII Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement

settia

Kecamatan Tampan Raih Juara Umum Porkot VII Pekanbaru

Selasa, 10 September 2019


PEKANBARU,PARASRIAU.COM - Kecamatan Tampan keluar sebagai Juara Umum pada perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) VII Pekanbaru yang secara resmi ditutup, Senin (9/9/2019) sore di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai. Acara penutupan itu dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau, Doni Aprialdi yang mewakili Gubernur Riau.

Sebelum dilakukan penutupan, Ketua KONI Pekanbaru Anis Murzil dalam laporannya menjelaskan, kegiatan Porkot VII ini adalah yang perdana dilakukan dan diikuti 12 kecamatan dengan 31 cabang olahraga (cabor) dan 325 nomor yang dipertandingkan. Adapun jumlah total atlet sebanyak 3.126 serta 796 orang panitia. 

"Total kurang lebih 4.500 orang yang bekerja dan berjuang untuk mensukseskan acara ini serta mengangkat olahraga Pekanbaru ini. Inilah aset dan insan Pekanbaru yang akan mengharumkan Pekanbaru di tingkat Provinsi, nasional hingga internasional," katanya.

Dikesempatan itu, Anis langsung mengumumkan peraih medali terbanyak, kecamatan berprestasi dan kecamatan terpavorit. Untuk medali terbanyak diraih oleh Kecamatan Tampan yakni 48 medali emas, 57 medali perak dan 51 medali perunggu.

Sedangkan juara kedua diraih Kecamatan Marpoyan Damai dengan memperoleh 40 medali emas, 37 medali perak dan 53 medali perunggu. Disusul Kecamatan Bukit Raya yang mengoleksi 38 medali emas, 32 medali perak dan 38 medali perunggu.

"Tidak hanya juara umum, kita juga memberikan aspresiasi kepada kontingen terbaik secara lisan. Dari pantauan panitia, cabang olahraga dan pelatih, kita telah menetapkan Kontingen Marpoyan Damai sebagai kontingen terbaik Porkot 2019. Selamat kepada kontingen Marpoyan Damai yang mendapatkan predikat sebagai kontingen terbaik pada Porkot VII Pekanbaru 2019," sebutnya seraya mengatakan, Porkot VII Pekanbaru 2019 ini menjadi parameter pembinaan prestasi olahraga di Kota Bertuah selama setahun ini.

Dengan berakhir Porkot VII Pekanbaru ini, sebut Anis, atlet-atlet yang berprestasi dan juara pada Porkot tahun ini akan diarahkan dan dibina guna dipersiapkan mewakili Kota Pekanbaru untuk kembali merebut Juara Umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) Riau tahun 2021 di Kabupaten Kuantan Singingi mendatang.

"Tentunya, para atlet yang berprestasi pada Porkot ini, akan dipanggil untuk masuk Pemusatan Latihan Kota (Pelatko) Pekanbaru tahun 2020 mendatang. Dalam pelatko ini kita akan lihat dan evaluasi lagi peningkatan prestasi atlet. Dan yang mampu mempertahankan serta meningkatkan kualitasnya berpeluang mewakili Pekanbaru di Porprov tahun 2021 mendatang," ujar Anis.

Dikesempatan itu, Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis mengharapkan,  pelaksanaan Porkot VII Pekanbaru tahun 2019 ini bisa melahirkan bibit-bibit atlet terbaik Riau untuk bisa berlaga di ajang nasional, khususnya PON 2024 di Medan dan Aceh. "Kita ingin para atlet berprestasi dari pelaksanaan Porkot VII Pekanbaru ini bisa terus dibina secara serius dan semakin ditingkatkan kemampuannya untuk mewakili Riau tahun 2024 mendatang," cakap Emrizal.

Sedangkan Asisten I Sekdako Pekanbaru, Azwan yang datang mewakili Walikota Pekanbaru, Firdaus mengucapkan terima kasih kepada panitia, terkhusus KONI Pekanbaru yang telah sukses melaksanakan perhelatan Porkot VII Pekanbaru ini. Dan juga menyampaikan ucapan selamat kepada Kecamatan Tampan yang keluar sebagai juara umum dengan meraih  48 medali emas, 57 perak dan 51 perunggu.

"Kepada atlet yang belum bisa meraih prestasi pada Porkot ini, agar bisa meningkatkan kualitas latihannya. Sehingga kedepan bisa berprestasi lagi," pesan Azwan seraya mengapresiasi pelaksanaan Porkot VII Pekanbaru 2019 yang dilaksanakan dengan konsep multi event yang diikuti seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Yang saya ketahui ini adalah event perdana yang mempertandingkan olahraga antar kecamatan. Ini jadi tantangan bagi kita semua baik itu format pendistribusian atletnya ataupun format anggarannya. Harapannya tahun depan untuk format anggarannya sudah bisa dianggarkan di masing-masing kecamatan," ujarnya seraya kembali mengucapkan selamat kepada pemenang. Dan bagi yang kalah agar ini menjadi penyemangat untuk terus berlatih dan berlatih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Doni Aprialdi menyebutkan, pelaksanaan Porkot VII tahun ini sangat luar biasa. Karena itu, dirinya selaku mewakili Gubernur Riau mengapresiasi jalannya pelaksanaan Porkot VII ini.

"Kita melihat langsung bagaimana kualitas atlet-atlet berprestasi Pekanbaru ini. Kami sangat menyambut baik atas prestasi-prestasi atlet-atlet Pekanbaru ini. Dan kami siap menyambut atlet-atlet pelajar berprestasi untuk kita masukan dalam pembinaan di PPLP yang ada Dispora Riau," ujar Doni seraya menyampaikan, saat ini pemerintah sangat mengapresiasi prestasi-prestasi olahraga. 

Seperti Asian Games 2018 lalu, pemerintah memberikan Rp1,5 miliar untuk atlet. Belum lagi bonus yang diberikan oleh pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota. "Oleh karena itu, Gubernur Riau, H Syamsuar berpesan, ayo bangun terus prestasi olahraga," katanya. pr2