Mata Gempi Minus dan Silinder Gisel Sedih
Cari Berita

Advertisement

Mata Gempi Minus dan Silinder Gisel Sedih

Kamis, 29 Agustus 2019


Ini Penyebab Mata Anak Bermasalah

JAKARTA, PARASRIAU.COM - Artis Gisella Anastasia yang akrab disapa Gisel mengaku sedih dan merasa bersalah ketika tahu mata buah hatinya, Gempi, ternyata ada minus dan silinder. Hal ini ia ungkapkan lewat video yang diunggah di Instagram.

"Sedihlah mama karna Gem ternyata emang minus dan malah ada silindernya. Sebel, sempet marahin Gem karena sering nonton sambil tiduran tapi langsung yg paling dominan adalah rasa bersalah sama diri sendiri kenapa kok ga lebih tegas untuk ngingetin anak supaya lebih taat cara nonton tv nya," tulis Gisel.

Mata minus  dan silinder dalam dunia kedokteran dikenal sebagai bentuk kelainan refraksi. Penyebabnya karena cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh tepat di titik fokus retina.

Menurut ahli kesehatan mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere ada dua faktor yang bisa jadi pemicu kelainan refraksi yaitu kebiasaan dan faktor genetik.

"Pada prinsipnya minus dan silinder itu karena genetik dan kebiasaan," ungkap dr Zeiras Rabu (28/8/2019).

"Kebiasaan bisa bikin minus contohnya nonton komputer, di depan TV, baca sambil tiduran, atau baca di ruang gelap. Tapi bukannya enggak boleh ya hanya batasi cuma satu-dua jam," lanjutnya.

dr Zeiras mengatakan hingga saat ini masih belum ada obat atau herba yang diketahui bisa memperbaiki masalah mata minus atau silinder pada anak-anak. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai kacamata, lensa kontak, atau bila usia sudah 18 tahun ke atas bisa dilasik.***

dilansir: detik.com