Marc Marquez Raih 6 Kemenangan di MotoGP 2019
Cari Berita

Advertisement

settia

Marc Marquez Raih 6 Kemenangan di MotoGP 2019

Selasa, 06 Agustus 2019



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez berhasil merebut enam kemenangan di balapan MotoGP Ceko, dengan kemenangan tersebut membuat Marquez semakin dekat dengan gelar juara dunia MotoGP 2019. 

Marquez unggul 63 poin atas Dovizioso di puncak klasemen. Sebuah situasi yang membuat The Baby Alien bisa merebut gelar juara dunia MotoGP 2019 di GP Jepang, atau saat musim masih menyisakan tiga seri.

Kemenangan Marquez di MotoGP Ceko terbilang cukup mengejutkan. Terlebih pebalap 26 tahun itu meraih kemenangan hingga 2,452 detik atas Dovizioso. Padahal Sirkuit Brno secara karakteristik lebih cocok untuk Ducati. Hal itu berkaca dari sukses Ducati finis satu-dua di Brno musim lalu.

Ini bukan kali pertama Marquez membuat kejutan. Membalikkan semua prediksi yang ada. Marquez mampu membuat Dovizioso cemas saat kalah hanya 0,023 detik di MotoGP Qatar. Pebalap asal Spanyol itu juga berhasil finis kedua di Italia setelah terpuruk dalam dua musim terakhir, dan juara di Catalunya setelah empat tahun vakum menang.

Layaknya tokoh Thanos di film Avengers, Marquez mampu menghancurkan para rival dan persaingan gelar juara dunia di MotoGP 2019. Dengan sekali jentikan jari, Ant of Cervera itu membuat pebalap dari rival seperti Yamaha, Ducati, dan Suzuki menjadi tidak berdaya.

Dari sepuluh seri yang sudah dijalani, Marquez berhasil merebut enam kemenangan dan tiga finis kedua. Satu-satunya blunder Marquez terjadi di MotoGP Amerika Serikat, setelah terjatuh di lap delapan saat memimpin balapan.

Jika tidak melakukan kesalahan di MotoGP Amerika Serikat, maka ia akan unggul 88 poin usai MotoGP Ceko. Dengan begitu Marquez bisa memastikan gelar juara dunia lebih cepat, antara di MotoGP Aragon atau Thailand.

Marquez musim ini nyaris tidak ada cela. Marquez sukses memalukan pebalap rival, efektif di setiap situasi, dan berani mengambil risiko seperti yang dilakukannya pada babak kualifikasi MotoGP Ceko hingga merebut pole di Brno.

Jika melihat sukses Marquez dan hasil buruk Lorenzo, maka bisa dikatakan justru Honda yang lebih mengandalkan Marquez untuk meraih sukses ketimbang Honda yang sukses memberi sepeda motor kompetitif untuk pebalapnya.

Statistik tidak berbohong. Marquez hampir menunjukkan total dominasi di MotoGP 2019. Kecuali ketika kalah dari Maverick Vinales di MotoGP Belanda, Marquez selalu mampu menang dengan telak atau kalah dengan catatan waktu terpaut tipis.

Ketika kalah dari Dovizioso di MotoGP Qatar, Marquez hanya terpaut 0,023 detik. Saat kalah di MotoGP Italia dari Danilo Petrucci, The Baby Alien hanya 0,043 detik di belakang pebalap Ducati itu saat melewati finis.

Saat meraih kemenangan di Argentina, Marquez unggul 9,816 detik atas Rossi. Di Spanyol, Marquez menang 1,654 detik atas Rins, unggul 1,984 detik atas Dovizioso di Prancis, menang 2,660 detik atas Quartararo di Catalunya, 4,587 detik atas Vinales di Jerman, dan terakhir menang 2,452 detik atas Dovizioso di Ceko.

Statistik luar biasa di atas membuat Marquez pantas merebut gelar juara dunia MotoGP 2019. Pasalnya, tidak ada pebalap lain yang mampu mengimbangi kehebatan Marquez yang sedang menuju kesempurnaan di MotoGP.***

dilansir : cnnindonesia.com