Mahasiswa Kukerta UMRI Berikan Program Bermanfaat Bagi Warga RW 03 Simpang Baru
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa Kukerta UMRI Berikan Program Bermanfaat Bagi Warga RW 03 Simpang Baru

Senin, 26 Agustus 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadyah Riau yang tergabung dalam kelompok 20, memberikan pembekalan terhadap pemanfaatan bank sampah dan juga pembuatan laporan keuangan bagi pelaku usaha, di lingkungan RW 03 Kelurahan Simpang  Baru. Program bermanfaat tersebut menjadi program utama dalam pelaksanaan KKN di lingkungan tersebut.

Ketua Kukerta UMRI Kelompok 20, Wiwid Widianto mengatakan selain pemanfaatan bank sampah dan laporan keuangan, adapun program KKN yang dilaksanakan selama empat puluh hari tersebut, dalam program utama juga dilakukan pembuatan lubang siaga organik (Lusio), membuat buku laporan keuangan, membuat website laporan keuangan, legalitas dan administrasi seperti KK, KTP, AKTE, IMB, SIUP dan SITU. 

Juga pembuatan profil kelurahan dalam bentuk video dokumentasi dan pembuatan data demograsi dan struktur RW, yang dimulai dari pemegang jabatan tertinggi di kelurahan yakni Lurah. "Alhamdulillah seluruh program tersebut sudah selesai kami laksanakan, dan kami sangat senang dan bangga karena kehadiran kami di tengah masyarakat RW 03 diterima dengan baik. Apalagi seluruh perangkat di lingkungan RW sangat mendukung seluruh program yang kami laksanakan,"ujar Wiwid, Minggu (25/8). 

Selain itu juga, untuk program pendukung, juga dilakukan pembuatan lapangan volly, turut memeriahkan pelaksanaan HUT RI ke 74 yang diselenggarakan di lapangan kantor Kelurahan Simpang Baru. Melaksanakan penghijauan, pembuatan plang nama jalan, pos ronda, plang masing-masing RT yakni dengan empat RT. Juga melakukan pelatihan bekam, serta melaksanakan senam sehat yang sekaligus nantinya digelar pelepasan atau perpisahan berakhirnya masa KKN. 

"Kami sangat berharap apa yang kami lakukan dan kami perbuat di lingkungan RW 03 ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat. Meski dalam waktu yang singkat, namun kami harap seluruh warga bisa tetap solid dan mau ikut untuk membangun daerah agar lebih maju,"harapnya. 

Sementara itu Ketua RW 03 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan, HM Ikhwan menyambuat baik program yang dilaksanakan mahasiswa KKN Umri kelompok 20. Seluruh program yang terlaksana banyak bermanfaat bagi warga. 

Menurutnya, seluruh mahasiswa KKN UMRI Kelompok 20 ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan ditengah masyarakat. Tidak hanya dalam hal-hal tertentu saja, tetapi juga turut membantu pelaksanaan qurban Idul Adha 1440 H dan perayaan HUT RI ke-74 yang berlangsung lancar.

"Saya sangat senang dan bangga atas seluruh program yang dilaksanakan mahasiswa KKN UMRI di lingkungan kami. Sudah dua kali mahasiswa Umri melaksanakan KKN di lingkungan kami. Namun kelompok 20 kali ini sangat inovatif, komunikatif dan banyak ide. Bahkan juga banyak memberikan manfaat bagi warga dan lingkungan sekitar. Semoga mereka semua berhasil dan dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu," pungkasnya.pr2