Gedung Pemerintahan di Jakarta Sebentar Lagi Bakal Jadi Lahan Bisnis
Cari Berita

Advertisement

Gedung Pemerintahan di Jakarta Sebentar Lagi Bakal Jadi Lahan Bisnis

Selasa, 27 Agustus 2019


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Ibu Kota Negara akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Nantinya Jakarta akan menanggalkan status sebagai pusat pemerintahan. Pemerintah akan membangun gedung kementerian/lembaga di ibu kota baru. Bagaimana nasib gedung bekas kantor pemerintahan di Jakarta?

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf mengungkapkan gedung-gedung dan kantor bekas pemerintahan di Jakarta yang jumlahnya tidak sedikit akan disulap menjadi tempat bisnis. Gedung-gedung pemerintahan yang dimaksud adalah bekas kantor kementerian, lembaga dan badan pemerintahan lainnya.

"Jakarta nanti akan menjadi tempat (pusat bisnis). Itu yang namanya kantor - kantor pemerintah nanti akan ditinggalkan oleh mereka itu akan jadi tempat - tempat usaha," kata dia saat ditemui di Menara Batavia, Jakarta, Selasa (27/8).

Namun skema perubahan fungsi gedung tersebut masih belum ditentukan. Saat ini hal tersebut masih dalam tahap pembahasan. "Dan itu ada skema - skema yang sedang dipikirkan oleh pemerintah, bagaimana kantor - kantor ini yang selama ini menjadi beban traffic dan lain-lain bisa menjadi tempat tempat usaha, tempat usaha kreatif gitu kan," ujarnya.

Menurutnya, pindahnya pusat pemerintahan ke Kalimantan Timur secara tidak langsung mendorong kesempatan bisnis di Jakarta semakin luas. "Jadi anggap saja perpindahan ibu kota ini justru memberi kesempatan yang lebih luas kepada kita di Jakarta," tutupnya.***

dilansir: merdeka.com