Hati-Hati Angkat Beban Galon Air, Bisa Sebabkan Sakit Punggung Hingga Nyeri Testis!
Cari Berita

Advertisement

settia

Hati-Hati Angkat Beban Galon Air, Bisa Sebabkan Sakit Punggung Hingga Nyeri Testis!

Sabtu, 24 Agustus 2019


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Galon berisi air penuh dengan volume 19 liter termasuk dalam kategori barang dengan beban yang berat. Mengangkat atau membawanya tidak boleh sembarangan, harus dengan teknik dan cara yang benar.

Sembarangan mengangkat galon air dampaknya sama seperti mengangkat beban berat dapat menciderai otot dan pergelangan tangan. Jika dilakukan dalam jangka panjang dan terus menerus sembarangan dapat berakibat fatal mengganggu kesehatan serta organ tubuh lainnya.

Berikut ini beberapa bahaya dibalik angkat beban berat dan galon air sembarangan.

1. Sakit punggung

Kerap mengangkat beban berat apalagi sembarangan dapat menjadi memicu rasa sakit di punggung. Anda perlu mewaspadai terjadinya peregangan di area tulang belakang lumbal karena adanya tekanan yang berasal dari beban benda yang Anda angkat.

Tekanan yang berada di tulang belakang dapat menjalar hingga ligamen dan otot sehingga akan memperburuk kondisi tubuh yang sudah sakit di bagian punggung.

2. Skoliosis

Penyakit lain yang berkaitan dengan tulang akibat angkat beban berat terlalu sering adalah skoliosis. Umumnya ditandai nyeri saat berdiri maupun duduk, tulang belakang akan terasa sakit dan rasa sakitnya berpotensi menyebar hingga ke tangan, kaki serta pinggul.

3. Saraf kejepit

Dampak angkat beban berat seperti galon tak hanya pada tulang tapi juga saraf-saraf. Saraf yang mendapatkan tekanan secara berlebihan dari jaringan yang ada di sekelilingnya menyebabkan timbulnya penyakit saraf kejepit ini. Bila muncul keluhan seperti lemah fisik, sering kesemutan, kebas pada bagian tubuh tertentu dan juga rasa nyeri, ini bisa menjadi pertanda Anda terkena saraf kejepit.

4. Hernia dan nyeri testis

Seringkali mengangkat beban berat dan tanpa teknik yang tepat dapat menyebabkan hernia atau turun berok.Tekanan yang berat menyebabkan timbulnya robekan pada bagian bawah dinding perut sehingga membentuk lubang di sana.

Dikutip dari klikdokter, pada fase awal, gejala hernia dapat berupa pembesaran di daerah selangkangan atau buah zakar yang dapat hilang timbul karena usus yang turun ke daerah yang longgar di sekitar selangkangan dan daerah buah zakar, sedikit terasa nyeri.

Pada fase inkarserata (terperangkap), rasa nyeri lebih hebat, pembesaran yang terjadi menetap karena usus terperangkap, dapat terjadi mual, muntah dan gangguan BAB. Pada fase strangulata (terpuntir), nyeri sangat hebat dan kondisi umum tubuh yang buruk.

Jika Anda mengalami pembengkakan di sekitar selangkangan atau benjolan yang hilang timbul, maka kemungkinan besar Anda mengalami hernia, apabila tidak, ada kemungkinan mengalami cidera otot disekitar selangkangan.

Masih banyak dampak lain dari mengangkat beban berat, termasuk galon berisi air penuh yang beratnya mencapai 19 kg. Untuk menghindari resiko-resiko tersebut, ada dua hal utama yang harus Anda lakukan. Pertama, angkat galon air dengan cara dan teknik yang tepat. Sebelum mengangkat galon dari lantai, dekatkan diri pada galon air minum dengan posisi berjongkok atau posisi squat, jangan membungkuk.

Pada saat mengangkat, gunakan otot kaki bukan dengan otot punggung. Pastikan pijakan Anda kuat, jaga punggung, bahu dan leher tetap lurus, tanpa melengkung atau membungkuk. Periksa lajur yang akan dilewati untuk memastikan bahwa tidak ada benda-benda yang bisa menyebabkan anda tersandung dan jatuh.

Kedua, selain teknik yang tepat, hindari penggunaan dispenser atau tempat galon yang mengharuskan galon berada di atas. Pilih dispenser yang lebih praktis tanpa harus mengangkat-angkat galon air yang berat itu.***

dilansir: liputan6.com