Cegah Diskriminasi Layanan di Tanah Suci, Forum Haji ASEAN Dibentuk
Cari Berita

Advertisement

target='_blank' title='Settia Blog'>settia

Cegah Diskriminasi Layanan di Tanah Suci, Forum Haji ASEAN Dibentuk

Rabu, 28 Agustus 2019


JEDDAH, PARASRIAU.COM - Para konsul haji se-ASEAN menggelar pertemuan di Jeddah pada Senin malam, 26 Agustus 2019. Pertemuan dihadiri konsul haji Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, dan Thailand. Tampak hadir juga konsul haji dari Sri Langka. 

Konsul Haji Indonesia Endang Djumali mengatakan, pertemuan yang difasilitasi Muassasah Asia Tenggara ini  membahas evaluasi operasional haji 2019 sekaligus mematangkan rencana pembentukan forum haji ASEAN.

"Pertemuan ini sangat penting untuk saling tukar informasi terkait evaluasi operasional haji se-ASEAN karena sama-sama berada dalam satu Komando Muassasah Asia Tenggara. Sehingga, informasi dari masing-masing negara ASEAN menjadi penting untuk langkah perbaikan ke depan," kata Endang Djumali di Jeddah.

Terkait pembentukan forum Haji se-ASEAN, Endang mengatakan kalau wadah itu sangat penting dan strategis. Tujuannya adalah menyamakan persepsi khususnya yang terkait dengan kebijakan-kebijakan dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, serta Muassasah Asia Tenggara. "Melalui forum ini diharapkan tidak ada lagi perbedaan layanan kepada jemaah haji se-ASEAN, termasuk Indonesia," ujarnya.

Ke depan, forum ini juga akan melakukan kegiatan yang bersifat edukasi seperti seminar, focus group dicussion, dan penelitian bersama terkait penyelenggaraan haji dan umrah. Sementara untuk rencana pembentukan forum haji se-ASEAN, akan dilakukan pada September mendatang.***

dilansir: viva.co.id