Rutinitas di Pagi Hari yang Berbahaya Bagi Kesehatan
Cari Berita

Advertisement

settia

Rutinitas di Pagi Hari yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Kamis, 25 Juli 2019


yuk cek!

PARASRIAU.COM - Terkadang, rutinitas kecantikan di pagi hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama, ketika kamu melakukannya di waktu yang terlalu sempit. Rutinitas merias wajah pun akan berdampak buruk.

Bagaimana bisa? Karena kuman dan bakteri dapat tumbuh subur di lebih banyak tempat. Berikut beberapa rutinitas kecantikan yang berdampak buruk bagi kesehatanmu :

Menggunakan Pisau Cukur yang Sudah Lama
" Pisau cukur yang sudah lama dan kusam dapat menyebabkan luka bakar, jerawat dan iritasi lainnya pada kulit serta folikel rambut," jelas seorang ahli.

Pisau cukur yang lama juga lebih rentan terhadap karat dan dapat menyebabkan infeksi kulit. Jadi, pastikan untuk mengganti pisau cukur secara teratur.

Menyimpan Obat di Kamar Mandi
Kamar mandi adalah salah satu tempat terburuk untuk menyimpan obat. Saat mandi, kelembapan dan panas dari air dapat merusak obat. Dan obat tidak akan baik digunakan bahkan sebelum tanggal kedaluwarsanya.

Memencet Jerawat


Memberikan tekanan besar pada kulit akan menimbulkan luka dan hiperpigmentasi. Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kulit adalah tidak menyentuhnya dengan cara apapun dan membiarkan jerawat sembuh.

Alat Penggosok Wajah dapat Mengandung Bakteri
Menggunakan kuas eksfoliasi dapat membuat kulit glowing dan sehat. Tetapi jika tidak hati-hati, cara tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Apalagi jika tidak mencuci kain dan menggosok wajah secara teratur.

"Kamu harus membersihkan alat apapun yang dipakai ke wajah," ujar Susan Bard, Ahli Dermatologi Kosmetik di Vanguard Dermatology New York.

"Kuas clarisonic harus dipisahkan dengan pegangannya dan dibersihkan setiap minggu menggunakan sabun antibakteri, kemudian dibiarkan mengering secara menyeluruh," tambahnya.

Kuas Makeup yang Kotor
Wajahmu akan terkena infeksi atau penyakit jika menggunakan kuas makeup yang kotor.

"Jika tidak dibersihkan, kuas makeup dapat mentransfer bakteri berbahaya dari kamar mandi, langsung ke wajah," ungkap Susan. Cuci kuasmu dengan sampo setiap beberapa minggu.

Menggunakan Makeup Kedaluwarsa
Meskipun kamu ingin mempertahankan produk yang jarang digunakan, itu bisa menjadi masalah kesehatan.

"Tanggal kedaluwarsa pada makeup mengacu pada bahan pengawet yang dimaksudkan untuk menjaga produk tetap segar dan bebas bakteri," tutur Brian Francis, Dokter Spesialis Mata di Doheny Eye Center di California.

Menggunakan makeup yang sudah kedaluwarsa berarti pengawetnya tidak lagi seefektif seharusnya. Hal tersebut akan menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ketika diterapkan pada kulit.

Mandi dengan Memakai Lensa Kontak

Mandi dengan menggunakan lensa kontak dapat menyebabkan sejumlah masalah. " Saya telah melihat pasien dengan komplikasi serius dan bahkan kebutaan akibat perawatan lensa kontak mereka yang tidak tepat," imbuh Brian.

Lensa kontak adalah spons dan mereka akan menyerap parasit dan bakteri yang hidup di air keran"***

Dilansir: dream.co.id