Memasuki Usia 30-an, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kita
Cari Berita

Advertisement

settia

Memasuki Usia 30-an, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Senin, 22 Juli 2019


JAKARTA, PARASRIAU.COM - Waktu kecil, kita mungkin bisa lari-larian berjam-jam dan menghabiskan waktu dengan bermain. Namun, seiring waktu, perubahan pun akan terjadi, baik secara mental maupun fisik. Misalnya, di usia 20 tahun, kita masih memiliki energi untuk pergi hingga larut malam. Namun, memasuki usia 30 tahun, tubuh kita pun tidak lagi sekuat dulu.

Melansir dari beberapa sumber, memasuki usia 30-an, perubahan memang bakal terjadi pada tubuh, mulai dari penurunan massa tulang sampai dengan timbulnya garis-garis halus, alias keriput dan masih banyak hal lainnya lagi. Berikut beberapa perubahan tersebut, terutama pada perempuan.

1. Tulang
Seiring bertambahnya usia, tulang akan menjadi tipis dan lebih rapuh. Inilah yang membuat kita bisa mengalami suatu kondisi yang disebut osteoporosis, terutama pada perempuan. Untuk itu, kita perlu mengonsumsi cukup kalsium dan rajin olahraga, seperti angkat berat, bersepeda, senam, dan olahraga lainnya, Ini bertujuan agar kesehatan tulang tetap terjaga.

2. Berat badan mudah bertambah
Metabolisme di usia 30-an akan berubah. Inilah yang membuat kita sulit menurunkan berat badan ketika memasuki usia 30-an. Untuk itulah, kita perlu menjaga pola makan dan lebih rajin lagi bergerak supaya tubuh tidak mudah menggemuk.

3. Perubahan pada kulit
Di usia 30-an, kulit juga akan mengalami perubahan, antara lain kehilangan elasitas, muncul kerutan, dan keriput. Untuk itulah, melakukan perawatan pada kulit sangat penting supaya kesehatan kulit bisa tetap terjaga. Apalagi, kulit akan lebih mudah kering. Pastikan Anda memakai pelembab dan serum untuk menjaga kelembapan pada kulit. 

4. Periode menstruasi berubah
Tidak hanya kulit dan berat badan yang berubah, hormon juga bisa mempengaruhi perubahan periode menstruasi, terutama setelah melahirkan. Biasanya, periode menstruasi bisa menjadi tidak teratur, bahkan terasa lebih sakit.

5. Menurunnya sistem imun
Seiring bertambahnya usia, sistem imun tubuh pun akan mengalami penurunan, seperti mudah lupa atau gampang sakit. Untuk itulah, pola hidup sehat perlu dilakukan, misalnya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.***

Dilansir : womantalk.com