Kabut Asap, 826 Warga Kabupaten di Riau Kena ISPA
Cari Berita

Advertisement

settia

Kabut Asap, 826 Warga Kabupaten di Riau Kena ISPA

Selasa, 30 Juli 2019


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tercatat 826 orang terdampak Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Jumlah tersebut terdapat di tiga kabupaten yang diselimuti kabut asap. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Keseharan Provinsi Riau, Yohanes, Selasa (30/7) dikantornya. Dikatakannya bahwa saat ini kondisi udara memang tidak baik. ISPA merupakan dampak dari terhirupnya asap yang sifatnya dinamis. 

Adapun rincian jumlah masyarakat yang terkena ISPA tersebut yakni di Pelalawan terdapat 582 orang, Bengkalis 57 orang, dan Rokan Hilir 187 orang. Sedangkan kabupaten/kota lainnya belum mengirim laporan.

Dari laporan dari kabupaten, jelasnya, penyakit ISPA yang dikeluhkan masyarakat masih tergolong normal. Artinya belum terlalu signifikan bahayanya, namun tetap harus ditangani.

"Kemarin kita pantau empat Puskesmes di Pekanbaru, belum ada laporan penyakit ISPA yang kronis. Baru sebatas asma atau akut biasa," katanya.

Meski demikian, pihaknaya telah mengirim surat edaran ke Puskesmas kabupaten/kota untuk menyampaikan laporan terkait ISPA akibat kabut asap.

"Kita sudah intruksikan ke Puskesmas, sehingga apa-apa yang menjadi keluhan Puskesmas terkait ISPA bisa segera kita atasi," ujarnya.

Kemudian pihaknya juga minta Puskesmas melakukan penyuluhan kepada masyarakat khusus kepada usia rentan, ibu hamil, balita, bayi dan lansia.

"Kalau ISPU kualitasnya 100-200 kita sarankan kelompok itu lebih baik di rumah saja. Kalau terpaksa harus keluar rumah harus menggunakan masker," paparnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak banyak beraktifitas diluar ruangan. Jika keluar dianjurkan untuk menggunakan masyarakat. Apalagi kebutuhan masker di Puskesmas, maka pihak puskesmas bisa memintanya ke propinsi atau kabupaten kota,"pungkasnya. (pr-1)