Dukung Proyek Eksplorasi Nasional, PT KPI Unit Dumai Perdana Sukses Hasilkan Produk SF-05
Cari Berita

Advertisement

Dukung Proyek Eksplorasi Nasional, PT KPI Unit Dumai Perdana Sukses Hasilkan Produk SF-05

Sabtu, 18 Mei 2024

Dukung Proyek Eksplorasi Nasional, PT KPI Unit Dumai Perdana Sukses Hasilkan Produk SF-05


DUMAI, PARASRIAU.COM - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai terus berupaya berkontribusi untuk bangsa dalam upaya mewujudkan kemandirian dan kedaulatan energi. 


Dalam hal ini, kilang Dumai dengan bangga kembali berhasil meluncurkan produk terbarunya untuk mendukung proyek eksplorasi nasional Direktorat Hulu (Upstream), yakni Smooth Fluid 05 (SF-05), Jumat (17/5).


Peluncuran produk terbaru yang dilaksanakan di area pelabuhan (jetty) tersebut secara resmi ditandai dengan penyerahan simbolis sampel SF-05 & Certificate of Quality (COQ) ke Manager Project Sales PT Pertamina Lubricants (PTPL), Wahyu Pratiwi W  dan Kapten Kapal MT. Tameda Maru 3, Kapten Nazar serta pengapalan (lifting) perdana sebanyak 7.000 Bbl (barel).


Peluncuran produk tersebut juga menandai tercapainya milestone kilang Dumai dimana untuk pertama kalinya berhasil memproduksi SF-05.


General Manager PT KPI Unit Dumai, Didik Subagyo, menceritakan bahwa peluncuran inovasi produk tersebut tidak lepas dari sinergi yang dibangun antara PT KPI dan stakeholder terkait.


“Peluncuran produk terbaru ini menunjukkan bahwa Perwira PT KPI Unit Dumai mampu bersaing dalam menciptakan produk yang inovatif sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga kemandirian dan kedaulatan energi bangsa,” jelasnya. 


Produk SF-05 merupakan turunan produk Oil Based Mud (OBM), biasanya digunakan untuk pengeboran dan sudah berhasil diterapkan di lokasi pengeboran Indonesia.


Karakteristik SF-05 ini antara lain memiliki kandungan lokal yang tinggi, memiliki keamanan yang baik terhadap peralatan pengeboran, aman di daerah rawa, serta memiliki stabilitas yang baik pada persediaan jangka panjang. Dengan keunggulan memiliki pelumasan yang sangat baik, cocok untuk pengeboran pada suhu tinggi dan tekanan tinggi, serta ramah bagi lingkungan.


Berbeda dengan produk sebelumnya SF-02 yang unggul untuk kegiatan eksplorasi di laut, produk SF-05 ini unggul untuk kegiatan eksplorasi di darat dengan keunggulan impurities yang rendah.


Didik Subagyo menerangkan bahwa peluncuran produk SF-05 ini juga dalam rangka memenuhi tuntutan pasar serta menjadi salah satu program peningkatan profit margin. 


Lebih lanjut, Didik Subagyo menerangkan bahwa produksi produk ini akan memberikan revenue tambahan bagi PT KPI dengan estimasi sebesar USD 840.000. 


Pada kesempatan yang sama, Manager Project Sales PTPL, Wahyu Pratiwi W juga menyampaikan apresiasinya terhadap keberhasilan PT KPI Unit Dumai yang telah berhasil meluncurkan sekaligus lifting produk SF-05.


“Kami turut bangga dan mengapresiasi kilang Dumai yang berhasil menjadi pertama kalinya memproduksi serta lifting SF-05. Hal ini tentu menjadi semangat bagi kita dalam melakukan eksplorasi nasional untuk terus bisa mencapai kemandirian energi, baik di tingkat nasional hingga global,” terangnya.


Kemeriahan peluncuran produk SF-05 ini juga diwarnai dengan semangat antusias dan rasa bangga dari seluruh Perwira PT KPI Unit Dumai yang hadir dalam acara tersebut. Sebagai bentuk rasa syukur, pada kesempatan itu juga disalurkan santunan kepada anak panti asuhan sebesar Rp 20 juta beserta bantuan pendidikan.


Didik Subagyo berharap dukungan dari masyarakat terhadap kemajuan bisnis PT KPI Unit Dumai agar bisa terus berinovasi menghasilkan produk-produk inovatif lainnya.


“Dalam semangat kontribusi untuk kemandirian energi nasional, tentunya kami tidak dapat berjalan sendiri. Sehingga kami membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat dan stakeholder terkait,” tutup Didik Subagyo.


Selain GM dan tim manajemen PT KPI Unit Dumai, hadir pula pada kesempatan tersebut Manager Key Account PTPL, Akhmad Bajora N, Sales Area Manager RPO PTPL, Hendra Vranata, Manager NFP PT KPI , Arutilamiliati, serta Manager Pricing & Commercial Support PT KPI, Sri Hartati. (*/pr2)