Bidan Pemula se-Riau Ikuti Praktek Pemasangan Pelayanan KB
Cari Berita

Advertisement

Bidan Pemula se-Riau Ikuti Praktek Pemasangan Pelayanan KB

Rabu, 29 Mei 2024

Bidan Pemula se-Riau Ikuti Praktek Pemasangan Pelayanan KB 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Puluhan bidan pemula di Provinsi Riau mengikuti praktik pemasangan pelayanan KB di tiga praktik bidan mandiri. Salah satunya di Klinik Bidan Sarinah, Jalan Suka Karya, Panam, Pekanbaru, Rabu (29/5/2204).


Remon Hendra selaku Ketua Tim Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi BKKBN Provinsi Riau mengatakan bahwa praktik yang dilaksanakan setelah sebelumnya diberikan teori yang difasilitasi Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Riau.


“Hari ini prakteknya, mereka merupakan bidan se-Riau yang sudah dibor secara teori, kemudian ini prakteknya. Kan ada dua metode, melalui pembelajaran online dan offline, itu praktek kering dan praktek basah sekarang,” jelasnya.


Secara keseluruhan 150 apsektor yang akan diberikan pelayanan. Khusus di Bidan Sairah, sudah mendaftar 90 apsektor dan sisanya akan diarahkan ke dua lokasi tempat praktek bidan lainnya.


"Kami bagi tiga tempatnya, di sini yang mendaftar 90, besok kurang lebih 65 dan sisanya di hari terakhir," rincinya.


Pelatihan melalui teori dan praktek yang difasilitasi BKKBN Riau, agar para bidan pemula tersebut bisa menjadi mandiri karena akan diberikan sertifikasi.


"Kita lihat kalau mereka bisa memasang IUD atau implan berarti mereka sudah tersertifikasi, nanti kita bisa mengeluarkan sertifikat dan mereka dianggap sudah berkualitas untuk melakukan pelayanan di wilayah masing-masing, atau suah boleh memberikan pelayanan mandiri dan sudah legal. Karena saat praktik mereka didampingi dua dokter spesialis yang sudah profesional,” ungkapnya.


Mewakili Pemerintah Kota Pekanbaru, Kepala Bidang Keluarga Berencana Disdalduk KB Kota Pekanbaru, Eni Nesrayeti juga menyampaikan bahwa layanan yang diberikan merupakan layanan pelatihan bagi bidan-bidan se-Provinsi Riau.


"Mereka hari ini melakukan prakteknya seperti di klinik Sarinah ini, sebelumnya belum mendapatkan pelatihan. Sebenarnya ada di tiga tempat, tujuanya sebagai syarat merdeka untuk mendapatkan sertifikat agar bisa melayani, bahkan aga bisa menjadi mahir dalam memberikan layanan KB," urainya.


Selain itu Klinik Bidan Sarinah, pada hari kedua pelayanan KB gratis juga dilakukan di Klinik Bidan Dince di Jalan Limbungan Atas Kecamatan Rumbai dan hari ketiga di Klinik Ernita di Jalan Lobak, Pekanbaru. (nie)