6 Anggota Koramil 0321-05/RM Lakukan Pendinginan Karhutla di Desa Sei Manasib
Cari Berita

Advertisement

6 Anggota Koramil 0321-05/RM Lakukan Pendinginan Karhutla di Desa Sei Manasib

Jumat, 22 Maret 2024

6 Anggota Koramil 0321-05/RM Melakukan Pendinginan Karhutla di Desa Sei Manasib.


BANGKOPUSAKO, PARASRIAU.COM -BANGKOPUSAKO, PARASRIAU.COM - Enam orang anggota Koramil 0321-05/RM yang dipimpin Sertu Legianto berserta anggota, Camat Bangko Pusako Sumarlen, anggota Polsek Bangko Pusako Ipda Samsul, anggota MPA Rosiden dan masyarakat melakukan pendinginan Karlahut di RT:10/RW:06 Dusun Harapan Jaya Kepenghuluan Sei Manasib Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rohil pada titik Koordinat : - N 1°46'33.28" - E 100°50'16.98", Kamis (21/3/2024) kemarin. 


Dandim 0321/Rohil Letkol kav Nugraha Yudha Prawiranegara S.Ip saat dikomfirmasi melalui Danramil 05/ RM Arh Iswandi Sikumbang didampingi Batuut Serma Paijo dan Babinsa Sei Manasib Sertu legianto, Jumat (22/3/2024) memungkinkan terjadinya hal itu, Kamis (21/ 3/2024) kemarin melakukan pemadaman kebakaran Karhutla di wilayah Koramil 05 / RM tepatnya di RT:10/ RW:06 Dusun Harapan Jaya Kepenghuluan Sei Manasib Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rohil di wilayah Koramil 05/RM.


“Dari hasil pemadaman dan pembakaran oleh jajaran anggota kemarin api tampak sudah menghilang dan padam. Yang dilakukan pemanasan sekitar 1,½ Ha,” kata Danramil.


Dikatakan Danramil, tidak mendengar informasi kebakaran di kebun sawit berupa semak belukar yang langsung berkoordinasi dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) dalam membantu percepatan pemadaman api. Api dapat dipadamkan dan menyisakan asap di belukar.


Adapun tindakan yang langsung dilakukan, kata Danramil lagi melaksanakan pemadaman dan pendinginan di lokasi lahan yang terbakar dengan menerjunkan personel TNI sebanyak 6 orang, Polri 2 orang, Aparatur pemerintah Kepenghuluan 3 orang, MPA 3 orang serta masyarakat 2 orang.


Menekankan kepada Penghulu, Kadus dan RT/RW untuk meningkatkan patroli, beserta pelangsir buah sawit agar membuang puntung rokok tidak sembarangan 


"Kami mengimbau masyarakat pada saat kemarau seperti saat ini diharapkan untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan karena sangat membahayakan dan merugikan semua. Sementara sumber api masih dalam penyelidikan," imbau Kapten Arh Iswandi seraya mengatakan tinggal titik asap dan masih melakukan pemadaman. (Rls)