BKKBN Riau Kukuhkan Pj Bupati Kampar dan Bunda Asuh Stunting
Cari Berita

Advertisement

BKKBN Riau Kukuhkan Pj Bupati Kampar dan Bunda Asuh Stunting

Rabu, 03 Januari 2024

Kepala BKKBN Perwakilan Riau, Dra Hj Mardalena Wati Yulia berfoto bersama bapak dan bunda asuh stunting di Kampar. 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia secara langsung mengukuhkan Pj Bupati Kampar sebagai bapak asuh stunting. Pengukuhan ini digelar dalam acara Rapat Koordinasi dan Penyusunan Rencana Kerja TPPS Kabupaten Kampar, Selasa (2/1/24) bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Kampar.

Tidak hanya Pj Bupati Kampar, Ketua TP PKK Kampar juga turut menjadi bunda asuh stunting, dengan disaksikan oleh seluruh peserta rapat. Dalam sambutannya, Mardalena mengapresiasi semangat kabupaten Kampar yang dalam menunjukkan komitmennya terhadap percepatan penurunan stunting. Oleh sebab itu, ia berharap seluruh perangkat daerah bisa ikut mensukseskan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah yakni menurunkan angka stunting.

Ia berharap melalui sinergi dan konvergensi seluruh pihak yang telah terjalin, cita cita kampar zero stunting pada tahun 2024 bisa terwujud. Dimana tujuan kegiatan ini untuk menganalisa dan mengevaluasi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Kampar, serta menyusun rencana kerja TPPS Kabupaten dan Kecamatan sebagai komitmen bersama yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

Dijelaskannya, bahwa keseriusan pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, yang juga diikuti dengan peraturan di setiap daerah dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Target dalam penurunan angka stunting yaitu di angka 14 persen.

"Tentu saja upaya menurunkan angka stunting tidak lepas dari kerjasama seluruh pihak yang ada lintas sektor. Dengan terus menggencarkan intervensi sensitive dan spesifik serta sosialisasi dan penguatan hingga ke basis keluarga," jelasnya.

Ia juga menambahkan kegiatan serupa bisa turut dilaksanakan di 11 Kabupaten/Kota lainnya, ini tentunya dalam menggesa apa yang telah ditargetkan yakni di tahun 2024 angka stunting di Indonesia sebesar 14 persen. Dalam acara tersebut juga turut diserahkan secara simbolis DAK Sub Bidang KB Tahun anggaran 2024.

Tampak hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kab.Kampar, TP PKK se Kab.Kampar, serta seluruh anggota TPPS Kab.Kampar hingga ke Tk.Kecamatan.(ren)