Peduli Palestina, PW Muhammadiyah Riau Hadirkan Din Syamsuddin dalam Tabligh Akbar
Cari Berita

Advertisement

Peduli Palestina, PW Muhammadiyah Riau Hadirkan Din Syamsuddin dalam Tabligh Akbar

Jumat, 01 Desember 2023

Peduli Palestina, PW Muhammadiyah Riau Hadirkan Din Syamsuddin dalam Tabligh Akbar 

 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebagai bentuk kepedulian terhadap Palestina, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau menggelar Tabligh Akbar dengan menghadirkan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Jumat (1/12) di Pelataran Halaman Masjid Agung An Nur, Kota Pekanbaru.


Din dalam tausiah singkatnya mengatakan, dengan bertambahnya usia Muhammadiyah ke-111 merupakan sebuah capaian dari kekompakan dan keikhlasan seluruh warga Muhammadiyah hingga bisa terus bertahan.


"Karena keikhlasan warga Muhammadiyah, kita bermuhammadiyah karena mencari ridho Allah SWT. Salah satunya kehadiran seluruh warga Muhammadiyah di acara ini dari berbagai daerah, tentunya karena semata-mata mengharapkan keikhlasan dan ridho Allah Subhanahu wata'ala. Serta apa yang kita berikan untuk organisasi, baik materi maupun harta benda adalah bentuk jihad di jalan Allah," seru Din.


Dikatakannya bahwa keberadaan organisasi muhammadiyah di usia yang lebih dari 1 dekade tersebut, begitu banyak yang sudah dilalui dan apa yang telah dilalui itu menjadi kekuatan muhammadiyah untuk bisa bertahan dalam lintasan sejarah sehingga masih berkiprah hingga saat ini terhadap bangsa dan seluruh umat manusia. "Karena fisabilillah dan keikhlasan seluruh warga muhammadiyah, sehingga membawa muhammadiyah di usia ke-111 ini," paparnya.


Din juga berpesan kepada seluruh warga Muhammadiyah, dalam menghadapi pesta demokrasi pemilu di 2024 mendatang, diharapkan seluruh masyarakat bisa kompak dan sepakat dan cerdas dalam memilih pemimpin. Pilihlah pemimpin atau wakil rakyat yang memiliki komitmen kebangsaan yang kuat dan peduli terhadap aspirasi umat Islam. Begitupula halnya, tidak terpengaruh adanya politik uang.


"Organisasi muhammadiyah tidak berafiliasi dengan partai mana pun dan memberikan kebebasan bagi warga Muhammadiyah untuk menentukan pilihan. Pilihlah dengan akal dan hati nurani yang sehat," pesan Din.


Sementara itu, Gubernur Riau Edy Natar Nasution sangat mengapresiasi atas apa yang telah digelar oleh muhammadiyah, apa yang terjadi di Palestina adalah peristiwa diluar perikemanusiaan. Oleh sebab itu, dengan adanya tabligh akbar sebagai aksi peduli umat islam masyarakat Riau membantu  saudara sesama muslim.


Ia menilai aksi peduli ini adalah langkah penting dalam menunjukkan kepedulian. "Apa yang kita sumbangkan adalah salah satu bentuk jihad kita terhadap saudara kita di Palestina," imbaunya.


Dalam aksi peduli yang dipandu Rektor UMRI, Saidul Amin tersebut disampaikannya, tidaklah sempurna iman seorang muslim jika tidak mencintai saudaranya. Karena apa yang dilakukan okeh Israel sudah melanggar batas kemanusiaan. 


Dalam tabligh akbar aksi peduli Palestina ini, mengusung tema ikhtiar menyelamatkan semesta, juga turut membagikan hadiah sebagai doorprize kepada seluruh peserta, seoerti hadiah umroh gratis, sepeda motor dan hadiah lainnya.


Ketua PW Muhammadiyah Riau, Hendri Sayuti mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh warga Muhammadiyah yang hadir. 


"Ini adalah puncak kegiatan milad Muhammadiyah yang dikemas dalam bentuk aksi peduli Palestina sebagai ikhtiar muslimin dalam menyelesaikan masalah kemanusiaan. Begitupula halnya, jelang pemilu mendatang Muhammadiyah Riau telah mendeklrasikan diri untuk istiqomah pada gerakan dakwah. Serta mendukung pelaksanaan pemilu agar berjalan aman dan lancar. Ia juga berharap pemilu bisa berkemajuan sesuatu dengan langkah Muhammadiyah," pungkasnya. (*/pr2)