Lembaga Dakwah Komunitas PWM Riau Melakukan Pembinaan Kaum Disabilitas
Cari Berita

Advertisement

Lembaga Dakwah Komunitas PWM Riau Melakukan Pembinaan Kaum Disabilitas

Minggu, 10 Desember 2023

Lembaga Dakwah Komunitas PWM Riau Melakukan Pembinaan Kaum Disabilitas


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Riau adalah salah satu organ kelembagaan Persyarikatan Muhammadiyah yang memiliki fokus dakwah dengan target komunitas tertentu. Diantara komunitas yang menjadi prioritas adalah kelompok disabilitas di Kota Pekanbaru. 


Kelompok disabilitas adalah kelompok masyarakat dengan kondisi kekhususan pada aspek fisik yang berbeda dengan individu kebanyakan. Kondisinya yang berbeda secara fisik menjadikan pola pengembangan diri dan dinamika psikologisnya relatif unik. 


Menyadari hal tersebut, maka LDK PWM Riau memberikan prioritas pelatihan bagi kaum penyandang disabilitas terutama dalam konteks keagamaan dan spiritualitas.  


Ketua LDK PWM Riau, Dr. Santoso pada kesempatan akhir-akhir ini berkesempatan memberikan semangat pada kaum penyandang disabilitas di kantor PWM Riau. 


Dalam pertemuan tersebut Dr. Santoso menyebutkan bahwa kaum disabilitas adalah kelompok masyarakat dengan kondisi kekhususan yang memiliki potensi besar untuk berprestasi. 


Namun demikian, perlu adanya kebijakan dan pola pelatihan yang sesuai dengan kondisi kekhususan tersebut. Ke depan LDK akan menyiapkan program dakwah dengan karakter khas dan spesifik bagi kaum penyandang disabilitas. 


Ketua Himpunan Disabilitas Muhammadiyah Riau (Hidimu), Imamil Usni menyambut baik program LDM ini. 


Usni menjelaskan bahwa kaum disabilitas di Pekanbaru sangat berharap adanya program pelatihan bagi penyandang disabilitas.


Pembinaan tersebut cukup memberikan motivasi bagi kaum penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat sejajar dengan kelompok masyarakat lainnya. (*/pr2)