FPK Riau dan Paguyuban se-Riau Berkomitmen Ciptakan Pemilu Damai 2024
Cari Berita

Advertisement

FPK Riau dan Paguyuban se-Riau Berkomitmen Ciptakan Pemilu Damai 2024

Jumat, 29 Desember 2023

FPK Riau dan Paguyuban se-Riau Berkomitmen Ciptakan Pemilu Damai 2024


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif jelang pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang sudah di depan mata, Kamis (28/12/2023) Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) mengundang seluruh suku, etnis, tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada di Provinsi.


Acara ini digelar di aula Kantor Kesbangpol Provinsi Riau langsung dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting yang didampingi Ketua FPK Riau, Auni M Noor.


Dalam kesempatan tersebut, Kaban Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau terutama warga paguyuban yang terhimpun dalam FPK Riau untuk membantu pemerintah menciptakan Pemilu Damai tahun 2024 mendatang.


”FPK Riau dan seluruh paguyuban haruslah menjaga kerukunan dan ketentraman serta persatuan demi terciptanya pelaksanaan Pemilu Damai tahun 2024 mendatang,” harap Jenri di hadapan seluruh perwakilan paguyuban yang ada di Riau.


Dirinya juga berharap, pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Provinsi Riau ini berlangsung damai dan adem. 


"Walaupun berbeda pilihan, tetapi tetap rukun dan damai antar masyarakat di Riau,” terangnya.


Hal senada juga disampaikan Ketua FPK Riau, Auni M Noor. Ia mengatakan bahwa paguyuban memiliki afiliasi ke seluruh pelosok daerah di Riau.


Untuk itu, tambahnya, diimbau kepada seluruh paguyuban untuk mengingatkan kepada seluruh anggotanya di daerah untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan kedamaian serta ketentraman dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.


“Silahkan datang ke TPS di daerah masing-masing dan menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani. Pilihan boleh berbeda, tapi tetap bersama-sama menjaga keamanan, kerukunan dan perdamaian antar masyarakat,” imbaunya.


Ketua Masyarakat Sunda Riau, E. M Surachman turut mengimbau kepada seluruh masyarakat asal Pasundan di Riau untuk hadir di TPS memberikan hak suara sesuai dengan hati nurani masing-masing.


“Jangan lupa, seluruh masyarakat Sunda Riau juga wajib menjaga kerukunan dan perdamaian untuk menciptakan pemilu damai di tahun 2024 mendatang,” ajaknya.


Hal senada juga disampaikan dari perwakilan KKSS Riau yang diwakili oleh Daeng Johan mengatakan bahwa seluruh anggota paguyuban KKSS Riau mengharapkan dengan adanya kegiatan silaturahmi antar Paguyuban ini dapat meningkatkan rasa aman bagi masyarakat dalam menghadapi Pemilu 2024 dari gangguan kamtibmas, mencegah terjadinya tindak pidana dan kejahatan lainnya.


"Meminimalisir adanya premanisme, sajam, pencurian dan tindak kejahatan, membutuhkan kehadiran FPK dan TNI-Polri di tengah-tengah masyarakat, sehingga terciptanya Provinsi Riau yang aman serta kondusif,” ujarnya.


Perwakilan warga asal Bali di Riau, Putu Senawa S.pd mengimbau seluruh warga Bali yang tinggal di Riau untuk menjaga kedamaian pada pemilu 2024 mendatang demi menciptakan pemilu damai.


Ia meminta seluruh warga Bali yang ada di Riau untuk datang ke TPS menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2024. Untuk memilih pilihan sesuai hati nurani masing-masing.


Sementara perwakilan kerukunan warga Kawanua di Riau, Max Robert Rumengan mengimbau seluruh masyarakat asal Kawanua di Riau untuk hadir di TPS pada pemilu 2024 mendatang untuk melaksanakan hak pilihnya.


Selanjutnya perwakilan warga Papua Cendrawasih Nusantara (PCM), Marcelino Mayona meminta warga Papua di Riau untuk ikut menciptakan pemilu damai pada 2024 mendatang. 


"Kita minta masyarakat Papua untuk datang ke TPS pada pemilu 2024 mendatang memberikan hak suaranya, agar pemilu damai tercipta," imbaunya.


Selanjutnya perwakilan dari berbagai paguyuban yang di Riau lainnya antara lain yakni; Machasin - Kompak, DR. Santoso Almatesehi, S.S., M.Si - Pamor, Singgih Supriyadi - PKNS dan PWG, Sunaryo - Permas Lampri, Nikmatul Akbar - IKMR, Romi Auni - Forum Keluarga Sungai Rokan, Jayus - Ciayu Majakuning, Abdul Hamid - IMKP, Sudirman - IKMB, Yermias Duha - PKNR, Nehri Dt Mangkuto Ameh - KKSB, Jailani Tan - PSMTI, Widodo - PWB, Nurliah - KKIH, Sadrianto, SE - IKKS, Ir. T. Iskandar Johan, M.Si - Kabaras, Max Robert Rumengan - KKKR, Urip Sutriyanto, SH - IKB Jateng, Hj. Raja Susi - Ika Inhu, Wan Abibah - IKSR, Doli Nasution - PKS Tabas, Supandi - IKASS, Putu Senawa - PHDI/IKB, Eyang Surachmat - Misuri, H. Rendra Sudarso, S.Sos, S.KM., MKes - KKBR, Farhan Abdul Hamid - KBB, Nasrizal - IKLA RGS, E. Jantje Sangur - PM2R, Marcellno - PCN, Said Iskandar - Permaskab Meranti, H. Suhardi - Gonjong Limo, David Kia Helan - Flobamora dan Suroso - KKK Kisaran yang hadir di ruangan tersebut semuanya menyatakan hal yang sama. (pr2)


Penulis: M Ikhwan