JK Berharap PT Islam Swasta Mampu Lahirkan Alumni yang Pakar di Bidangnya
Cari Berita

Advertisement

JK Berharap PT Islam Swasta Mampu Lahirkan Alumni yang Pakar di Bidangnya

Jumat, 17 November 2023

Ketua Dewan Penasehat BKSPTIS, Dr (HC) HM Jusuf Kalla 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Mantan Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Penasehat Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKSPTIS), HM Jusuf Kalla berharap seluruh kampus Islam yang ada di Indonesia untuk menghasilkan generasi muda yang mampu berkontribusi secara positif bagi tanah air Indonesia.


Demikian disampaikan JK saat menjadi narasumber utama dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BKSPTIS yang digelar di Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru, Jum'at (17/11/2023).


JK juga menekankan akan pentingnya inovasi dan teknologi agar Indonesia tidak terlalu bergantung pada pihak asing dalam upaya membangun negeri.


"Saya berharap agar kita semua dari pihak kampus swasta Islam ini tidak tergantung pada orang-orang luar dalam membangun negeri kita," harap Kalla.


Terkait kondisi Riau saat ini, JK menyatakan  rasa prihatinnya terhadap kesejahteraan daerah meski negerinya kaya raya.


"Negeri Riau ini, atas minyak dan di bawah minyak, namun dalam mengelola sumber daya alamnya masih bergantung pada pihak asing hingga 90 persen, sementara pribumi cenderung hanya jadi pekerja," keluhnya.


JK juga menyoroti persepsi negatif terhadap kemampuan anak bangsa dalam dunia kerja. Padahal generasi muda kita mampu bersaing dengan pihak asing. ‘’Sebagai putra bangsa Indonesia, kita wajar tersinggung,’’ ujarnya.


Dalam kesempatan itu, JK juga merincikan bahwa perusahaannya didominasi oleh insinyur-insinyur asal Indonesia yang mencapai hingga 90 persen. Buktinya, bangsa Indonesia telah banyak berkontribusi untuk kemajuan perusahaan dan negara ini.


"Untuk itu, pada kesempatan ini saya berharap kepada seluruh rektor dan para profesor dapat menciptakan generasi muda dan para alumni masing-masing kampus yang mumpuni serta pakar di bidangnya," pungkasnya. pr2