Peringatan 100 Tahun Gontor: Ribuan Alumni Tanda Tangani Petisi Perdamaian dan Persatuan Indonesia di Monas
Cari Berita

Advertisement

Peringatan 100 Tahun Gontor: Ribuan Alumni Tanda Tangani Petisi Perdamaian dan Persatuan Indonesia di Monas

Minggu, 22 Oktober 2023



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Ribuan alumni Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa Timur menandatangani petisi perdamaian dan persatuan Indonesia di Acara Tajammu' dan Jalan Sehat yang diadakan hari Ahad (22/10/2023). 


Kegiatan ini dihelat sebagai rentetan acara Tasyakuran Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor yang digelar di Tugu Monas, Jakarta.


Ketua Panitia Tajammu' dan Jalan Sehat 100 Tahun Gontor, Zakiyanto Arief, Sabtu (21/10/2023) mengatakan, kegiatan penandatanganan petisi ini menunjukkan semangat bahwa Peringatan 100 Tahun Gontor sebagai perajut kebersamaan untuk persatuan Indonesia.


Konferensi Pers Tajammuk dan Jalan Sehat 100 tahun Gontor di Jambo Kopi, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat 20 Oktober 2023. ist




 

Menegaskan hal tersebut, dia mengutip sebuah prinsip yang diajarkan dalam pelajaran mahfuzhat (pepatah arab) oleh Penyair Arab, Syauqy Bey yang mengajarkan di Gontor yang berbunyi “Innama al-umamu al-akhlaqu ma baqiyat, wa inhum dzahabat akhlaquhum dzahabu (Hidup dan bangunnya suatu bangsanya tergantung pada akhlaknya, jika mereka tidak lagi menjunjung tinggi norma-norma akhlakul karimah, maka bangsa itu akan musnah bersamaan dengan keruntuhan akhlaknya.



Sekadar informasi, acara Tajammu' dan Jalan Sehat diadakan di Kawasan Monumen Nasional (Monas) hingga Bundaran HI, Ahad 22 Oktober 2023 dan dimulai pukul 05.30 WIB.



Turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor beserta tokoh-tokoh nasional alumni Gontor, ratusan Alumni Pondok Pesantren Gontor serta puluhan ribu keluarga besar Pondok Modern Darussalam Gontor . (*/pr2)