Kedubes RI Singapura Sharing Session dengan Rombongan PWI
Cari Berita

Advertisement

Kedubes RI Singapura Sharing Session dengan Rombongan PWI

Kamis, 03 Agustus 2023



Kedubes RI Singapura Sharing Session dengan Rombongan PWI 


SINGAPURA, PARASRIAU.COM - Rombongan PWI Pusat diterima Kedutaan besar Singapura, Rabu (2/8/2023). Kunjungan ini juga dihadiri Dahlan Iskan, Ilham Bintang, Asro Kamal Rokan dan sejumlah  wartawan dari berbagai daerah di Indonesia.  Rombongan disambut Dubes Indonesia untuk Singapura Suryopratomo.


Dalam sambutannya ketua rombongan  yang juga Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan apresiasinya pada KBRI di Singapura atas kesempatan sharing session KBRI dengan PWI.


Lewat kunjungan ini diharapkan ada pengalaman yang bisa  dijadikan pelajaran kemajuan bagi Jurnalisrik kedua negara. Apalagi tahun ini di Sinhapura akan berlangsung Pilpres.


Pada kesempatan itu Dubes Singapura Suryopratomo mengatakan bahwa si Singapura aturan kode etik informasi publik dibuat dengan detail oleh elelmen masyarakat pers itu sendiri. Sehingga bola ada pelanggaran mudah dideteksi dan diberi sanksi aesuai UU dan aturan hukumnya. 


"Pers akan maju bila memiliki idealisme, kredibilitas, kepercayaan (trust) dan pengaruh," ujar Siryopratomo. Keempat faktor ini tidak boleh diabaikan untuk munculnya jurnalistik yang prfesional dan dipercaya.


Sebagai contoh di Pilpres media memberitakan visi dn misi semua calon dan tidak boleh berita itu menimbulkan perpecahan warga.  


Bukan cuma berita aktivitas Sosmed diatur oleh infokom dibawah kementrian informasi. Dalam membuat konten tdk boleh memecah persatuan


0Organisasi media harus menentukan aturannya sendiri. Bila melanggar tindakan yang dilakukan pertama diberi peringatan. Kedua, denda dan ketiga dihentikan opeeasional medianya. (*/pr2)