Dukung Kebijakan Moneter, BI Perwakilan Riau Taja Capacity Building Wartawan 2023
Cari Berita

Advertisement

Dukung Kebijakan Moneter, BI Perwakilan Riau Taja Capacity Building Wartawan 2023

Jumat, 25 Agustus 2023

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhamad Nur saat membuka kegiatan capacity building wartawan 2023 yang berlangsung di Yogyakarta, Jumat (25/8/2023). ist


PARASRIAU.COM - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Riau, Jumat (25/8/23) menggelar Capacity Building untuk kawan-kawan wartawan di Kota Yogyakarta. 


"Tujuannya selain untuk meningkatkan kapasitas informasi dan kemampuan wartawan. Juga untuk mendukung kebijakan moneter Bank Indonesia guna menginformasikan kebijakan moneter kepada publik," ungkap Kepala Bank Indonesia Kpw Riau, Muhamad Nur, Jumat (25/8/23) di Yogyakarta. 


Dijelaskannya bahwa kawan-kawan wartawan juga sudah banyak membantu mensosialisasikan kebijakan QRIS yang dilakukan kepada masyarakat luas pada Pekan QRIS Nasional beberapa waktu lalu.


"Dengan penyebaran informasi mengenai QRIS oleh kawan-kawan wartawan, maka peningkatan QRIS di Riau cukup bagus yang kini tercatat pengguna QRIS di Riau lebih dari 600 ribu pengguna," jelasnya.


Lanjutnya, peran media massa dalam mendukung kebijakan moneter Bank Indonesia yakni saat pelaksanaan program nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, sehingga penyelenggaraan program nasional tersebut sukses di Riau.


M.Nur juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan kawan-kawan media selama ini dalam hal dukungan pemberitaan semua kegiatan dan kebijakan Bank Indonesia.  Sehingga kegiatan dan program yang dibuat Bank Indonesia bisa berjalan dengan baik dan targetnya tercapai.


Diharapkan dengan pelaksanaan Capacity Building tersebut, katanya, ke depan bisa lebih meningkatkan kegiatan informatif terhadap produksi UMKM dan wisata di Riau, sehingga produk UMKM dan wisata di Riau lebih dikenal secara luas dan bisa mendunia.


Alasan dipilihnya Kota Yogyakarta sebagai tempat pelaksanaan Capacity Building Wartawan 2023, tambahnya, karena di Yogyakarta wisata dan UMKM-nya sudah berkembang sangat pesat. Sehingga wartawan bisa langsung melihat dan mengunjungi secara langsung titik wisata dan UMKM di Yogyakarta ini.


"Setelah kita laksanakan Capacity Building Wartawan 2023 di Yogyakarta ini, kawan-kawan media diharapkan bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan kepariwisataan dan produksi UMKM lokal Riau seperti di Yogyakarta, meskipun tidak harus sama dengan pariwisata dan produk lokal UMKM nya," pungkasnya.


Adapun narasumber yang hadir dalam acara Capacity Building Wartawan 2023 tersebut antara lain, Departemen Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Indra Astrayuda, Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Bank Indonesia, Arya Rangga Yodasakti. (nie)


Editor: M Ikhwan