Program Semesta Mencegah Stunting Bagikan Telur untuk Anak di Kecamatan Lima Puluh
Cari Berita

Advertisement

Program Semesta Mencegah Stunting Bagikan Telur untuk Anak di Kecamatan Lima Puluh

Jumat, 14 Juli 2023

Program Semesta Mencegah Stunting Bagikan Telur untuk Anak di Kecamatan Lima Puluh


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Program Social Movement Semesta Mencegah Stunting yang merupakan gerakan mencegah dan menurunkan angka stunting dengan Cukup Dua Telur, Jumat (14/7/2023) membagikan telur kepada anak yang terindikasi stunting di Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor Camat Lima Puluh.


Kegiatan kali ini juga melibatkan dua kakak asuh anak stunting, yakni Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau yang diwakili oleh Hasan Liem dan Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Riau, Arif Eka Saputra. Kegiatan ini juga dihadiri Said Masri mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau dan Sekretaris Camat Lima Puluh, Afrizal Zakir.


Said Masri mengatakan, pemerintah pusat memiliki target penurunan stunting tahun 2024 menjadi 14 persen. Di Provinsi Riau, tahun 2021 stunting berada di angka 22,3 persen, selanjutnya pada tahun 2022 berada di angka 17 persen, atau turun sebanyak 5,3 persen. Melalui kegiatan pemberian telur kepada anak yang terindikasi, maka pihaknya optimis target tersebut bakal tercapai.


"Kita terus mendorong, karena merupakan program Bapak Asuh Anak Stunting dan Kakak Asuh Anak Stunting dalam rangka percepatan penurunan stunting. Sejalan dengan komitemn Gubernur Riau dan Penjabat Walikota, sehingga keluarga yang beresiko stuting dapat bantuan telur," jelasnya.


Lanjutnya,, walaupun kecil atau sedikit jumlah stunting di suatu daerah tetap dilakukan pencegahan, maka sekarang di area pencegahan supaya zero new stunting.


"Berapapun jumlahnya harus diselesaikan, satu orangpun satu wilayah tetap dilakuskan, supaya nanti zero new stunting. Jadi ke depan itu bayi yang dilahirkan tidak stunting, dalam rangka penurunan stunting," ungkapnya.


Sementara itu, Afrizal Zakir mengatakan, di Kecamatan Lima Puluh difokuskan di tiga kelurahan diberikan kepada 15 orang anak yaitu di Kelurahan Tanjung Rhu, Pesisir dan Kelurahan Sekip.


"Alhamdulillah kami mendapat bantuan untuk mencegah stunting, terutama di Kelurahan Tanjung Rhu. Selain dari banyak pihak, Pj Walikota juga sudah memerintahkan 22 yang harus dibantu oleh kepala OPD selama enam bulan dan sudah bejalan selama tiga bulan," katanya.


Dikatakannya, program ini menjadi kegiatan yang menyentuh langsung kepada anak yang terindikasi stunting, sehingga sangat diapresiasi. "Kami mengucapkan terimasih, jadi manfaatkanlah telur ini untuk anak, terutama saat mereka makan. Semoga dengan program ini bisa menekan terus angka stunting," pungkasnya. (nie)