BI Gelar Riau Sharia Week 2023
Cari Berita

Advertisement

BI Gelar Riau Sharia Week 2023

Sabtu, 08 Juli 2023

 


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bank Indonesia perwakilan propinsi Riau menggelar Riau Sharia Week 2023. Pelaksanaan event ini dalam rangka Road To Festival Syariah Regional Sumatera 2023, yang digelar 8-9 Juli 2023, di Living World Pekanbaru. 


Riau Sharia Week 2023 bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Riau, Bank Syariah Indonesia (BSI), Baznas Riau, Badan Wakaf Indonesia (BWI) Riau dan Forum Pondok Pesantren Riau. Dengan turut melibatkan para pelaku UMKM di Riau. 


Dikatakan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhammad Nur bahwa ajang Riau Sharia Week ini, ada 3 agenda besar yang dilaksanakan yakni syariah forum, syariah kompetition dan syariah fair. Menurutnya, Riau memiliki banyak nilai lebih dalam pengembangan ekonomi syariah ke depannya.


"Riau telah memiliki BRK Syariah dan Kdeks sehingga pengembangan potensi ekonomi syariah sangat baik. Tentunya atas dasar itu, kita berharap bisa kembali meraih juara umum dalam ajang Fesyr Regional Sumatera tahun ini. Karena sebelumnya kita telah berhasil meraih 6 penghargaan dibidang ekonomi syariah,"ujar Nur, Sabtu (8/7) usai pembukaan. 


Sementara itu, Kepala Bapenda Riau, Syahrial Abdi mengungkapkan, Pemerintahan Provinsi Riau sangat fokus dalam upaya pengembangan ekonomi syariah. Ada banyak hal yang telah dilakukan, termasuk perubahan status Bank Riau Kepri menjadi Bank Riau Kepri Syariah.


"Ekonomi syariah, menjadi penopang ekonomi nasional pada hari ini. Kita patut berbangga, karena sudah punya bank syariah yakni Bank.Riau Kepri Syariah. Kita juga sudah mendorong dan mempermudah sertifikasi halal bagi seluruh pelaku UMKM. Insyaallah, sebentar lagi kita juga sedang menggesa zona kuliner halal dan sehat (Zona Khas). Selain itu, kita juga fokus untuk meningkatkan literasi terhadap ekonomi dan keuangan syariah kepada masyarakat," ungkap Syahrial Abdi.


Kegiatan pembukaan Riau Sharia Week 2023, ditandai dengan pemukulan kompang bersama serta melakukan visit booth UMKM Riau. Nantinya, kegiatan Festival Syariah Regional Sumatera akan dilaksanakan di Medan pada tanggal 22 Juli mendatang. (nie